Sukses

Waspada Diare, ISPA dan Gatal di Saat Banjir

Belajar dari kasus tahun lalu, sejumlah penyakit perlu diwaspadai selama musim hujan khususnya bagi korban banjir.

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang terus turun dari langit Jakarta sejak minggu malam, membuat genangan air masih terjadi di berbagai ruas jalan Ibu Kota. Belajar dari kasus tahun lalu, sejumlah penyakit perlu diwaspadai selama musim hujan khususnya bagi korban banjir.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta Dr. Koesmedi Priharto, SpOT, M.Kes bahwa pada 2014, kasus penyakit yang banyak terjadi saat banjir adalah infeksi saluran napas akut (ISPA), penyakit kulit, diare akut cair dan demam tanpa sebab yang jelas dan lainnya.

"Berdasarkan laporan Surveilans Penyakit Posko Kesehatan, Seksi Wabah dan Surveilans Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta 2014 terdapat 33 persen penyakit ISPA yang menyerang korban banjir," kata Koesmedi saat acara Wipol beberapa waktu lalu, ditulis Selasa (10/2/2015).

Sementara pascabanjir, Koesmedi mengimbau untuk selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit seperti Demam Berdarah, Chikungunya, Leptospirosis, Diare, Influenza, Tifus, penyakit kulit dan ISPA.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini