Sukses

Diabetesi Juga Rentan Lupa Ingatan

Alzheimer ternyata juga bisa dipicu oleh diabetes

Liputan6.com, Jakarta Selain stroke dan jantung, ternyata diabetes juga bisa menyebabkan munculnya alzheimer. Ini adalah penyakit yang menyebabkan kemampuan mengingat, memahami, dan berkomunikasi menurun bertahap.

Seperti disampaikan Profesor Psikiatri dari UCLA (University of California, Los Angeles) Semel Institute, Amerika Serikat, Dr Gary Small diabetes membuat sirkulasi otak tidak berjalan dengan baik sehingga membentuk stroke kecil yang bisa menimbulkan demensia (pikun). Diabetes juga menyulitkan tubuh memindah gula ke sel. Padahal gula adalah energi bagi memori.

"Diabetesi bisa dua kali lipat terserang alzheimer. Teori menunjukkan, apabila kita tidak memberikan asupan yang baik bagi tubuh maka insulin juga akan menggangu kinerja otak hingga akhirnya muncul alzheimer," katanya pada wartawan di acara Tur Kesehatan Herbalife se-Asia Pasifik di Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Gary menambahkan, penderita diabetes harus lebih hati-hati dengan risiko ini. "Periksa bila Anda mengalami gangguan memori. Meski Alzheimer belum ada obatnya namun penyakit ini bisa ditunda setidaknya dua tahun dan mencegah risiko penyakit lain," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit Alzheimer/ pikun merupakan suatu kondisi dimana sebagian sel- sel di otak sudah tidak berfungsi.

    Alzheimer