Sukses

Selain Wortel, 4 Makanan Ini Bagus untuk Mata

Siapa bilang, hanya wortel yang efektif untuk meningkatkan kesehatan mata

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang, hanya wortel yang efektif untuk meningkatkan kesehatan mata. Beberapa buah dan sayuran berwarna cerah juga baik untuk retina, lho.

Seperti disampaikan ahli diet, Sian Porter, selain wortel, 4 makanan ini baik untuk mata. Penasaran? simak ulasannya, seperti dikutip Dailymail, Rabu (22/4/2014).

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein, nutrisi penting untuk kesehatan mata. Saking pentingnya, diperkirakan sayuran hijau bisa membantu menyerap cahaya biru dan ultraviolet yang merusak mata.

Bayam misalnya, salah satu sayuran yang baik untuk mata karena memiliki 7,9 mg lutein per 100 g.

2. Sayur dan Buah warna-warni

Banyak mengonsumsi buah dan sayuran berwarna cerah, seperti wortel, ubi jalar, mangga dan pepaya juga baik untuk kesehatan mata.

Jika melihat kebutuhan vitamin A, 0,8 mg per hari, Anda bisa mendapatkannya dari wortel. Selain itu, jeruk dan paprika merah juga merupakan sumber yang baik dari zeaxanthin, senyawa yang membantu retina sehat.

3. Kerang

Zinc adalah satu-satunya mineral yang diteliti tim kesehatan Uni Eropa dan memiliki bukti ilmiah, membantu kesehatan mata. Sumber zinc misalnya, daging tanpa lemak, kerang dan sarden.

4. Buah Berry

Strawberry, blueberry dan blackberry mengandung pigmen yang dapat melindungi sel-sel retina dari kerusakan akibat penuaan dan komplikasi diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini