Sukses

Bersin dengan Mata Terbuka, Bisa Tidak?

Pada umumnya bersin akan otomatis membuat mata seseorang tertutup. Mengapa bisa begitu ya?

Liputan6.com, New York- Coba perhatikan saat Anda bersin mata terbuka atau tertutup? Nah, pada umumnya bersin akan otomatis membuat mata seseorang tertutup. Mengapa bisa begitu ya?

Saat akan bersin, otak mengirimkan pesan ke otak yang memberitahu mata untuk menutup. "Ini merupakan refleks. Otak mengirimkan pesan ke otot-otot di mata untuk menutup mata kita," terang dokter mata Bertz Moritz dari Mayo Clinic dilansir laman NBC News, Rabu (13/5/2015).

"Memang mungkin untuk menjaga kelopak mata terbuka, namun harus berusaha keras melawan reflek tubuh. Dan menutup mata merupakan respon yang sangat kuat," terang asisten profesor pediatrik di Indiana University School of Medicine, dokter Rachel Vreeman.

Moritz menambahkan, bahwa ada teori lain yang mengatakan mata tertutup saat bersin itu berfungsi melindungi mata dari apa yang 'diusir' dari tubuh. "Beberapa ahli biologi berpikir saat bersin dan menutup mata, tubuh tidak menghendaki apa yang sudah dikeluarkan masuk kembali ke tubuh lewat mata," terangnya.

Video Terkini