Sukses

Ternyata Kartun Dapat Membentuk Karakter Anak

Tokoh kartun yang ada di cerita rakyat tradisional dapat dijadikan contoh untuk membentuk karakter yang kuat dari diri si kecil.

Liputan6.com, Jakarta Memberikan tontonan mengenai cerita rakyat tradisional dapat membentuk si kecil menjadi pribadi yang hangat dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Seorang peneliti dari University of Nebraska, Lincoln Peter Harm mengatakan, tokoh kartun yang ada di cerita rakyat tradisional dapat dijadikan contoh untuk membentuk karakter yang kuat pada diri si kecil.

Dulu, ada kartun berjudul The Transformers yang dapat membantu seorang anak membentuk persepsi serta memiliki jiwa kepemimpinan yang bersahaja.

Maka tak heran bila dari hasil penelitian yang dilakukan Lincoln dan rekan-rekannya menemukan, anak-anak yang diberikan tontonan itu pada 1980-an telah tumbuh menjadi sosok pemimpin yang jauh lebih baik daripada mereka yang memiliki kuasa yang sama di zaman modern.

Peter menjelaskan, pelajaran yang dapat dipetik dari tokoh kartun itu adalah seorang pemimpin haruslah menjadi sosok yang luar biasa, yang tentunya harus memiliki kecerdasan yang mumpuni. Sehingga, membuat mereka yang menyaksikannya memiliki kemauan yang kuat untuk sekolah dan belajar.

Dikutip dari situs Times of India, Rabu (13/5/2015), pesan lain yang dapat disampaikan dari kartun ini adalah banyak hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin. Tak hanya kekuatan fisik, otak pun harus diisi dengan beragam pengetahuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini