Sukses

Pil Elektronik Ini Kabarnya Bisa Buat Wanita Langsing!

Kerja dari pil canggih ini mirip alat pacu otot perut, di mana sejumlah kabel ditaruh ke saraf vagus.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi Israel MelCap Systems bakal menciptakan pil elektronik yang dapat mengatasi masalah obesitas. Penemuan baru nan canggih ini akan menyerupai tablet pada umumnya, hanya saja dilengkapi dengan teknologi mutakhir. 

Fungsi dari pil elektronik ini mirip alat pacu otot perut yang biasa dipakai oleh pasien obesitas yang ingin langsing. Baik alat pacu otot perut maupun pil elektronik ini memengaruhi saraf vagus. Saraf ini yang akan membawa sinyal dari perut ke hipotalamus, daerah di sekitar otak yang berfungsi mengatur nafsu makan. Dengan begitu, nafsu makan seseorang pun dapat ditekan dengan `menipu` otak mereka. 

Jika penggunaan alat pacu otot perut harus melalui proses implantasi dan melibatkan sejumlah kabel ke saraf vagus, tidak demikian halnya dengan pil elektronik ini. Pil bisa langsung ditelan dengan bantuan air untuk kemudian dikendalikan dari luar tubuh dengan sebuah aplikasi ponsel pintar.

Tam Fry dari National Obesity Forum sangat menyambut baik pil canggih yang rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat. Hanya saja, Fry menanyakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sebutir pil canggih ini.

Dikutip dari situs Daily Mail, Rabu (20/5/2015), harga pil elektornik ini belum diumumkan. Namun yang pasti harganya jauh lebih murah daripada alat pacu otot perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.