Sukses

Apakah Olahraga yang Cocok Untuk si Kaki Datar?

Jika Anda memiliki kaki datar, jangan salah pilih olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengetahui gambaran kesehatan, sebenarnya cukup mudah. Kuncinya, berdiri dan lihat telapak kaki Anda dengan seksama. Jika Anda memiliki kaki datar, jangan salah pilih olahraga. (Baca juga: Periksa Kaki Sedini Mungkin)

Begitu disampaikan dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto. Dia mengatakan, untuk mengetahui apa olahraga yang cocok bagi kaki datar, baiknya Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda.

"Kaki datar biasanya akan menyebabkan sakit pinggang, nyeri tumit dan lutut. Selain itu, badan miring dan cenderung rentan skoliosis (bengkoknya tulang belakang)," katanya saat ditemui wartawan di acara `Jakarta Health Week 2015` di Senayan City, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Michael mengatakan, telapak kaki yang rata atau dikenal dengan sebutan kaki datar atau flat feet adalah salah satu kondisi yang paling umum ditemui oleh podiatris. Kondisi ini cenderung mengacu pada suatu kondisi medis di mana lengkungan kaki rata atau datar.

Maka itu, kata Michael, orang dengan kaki datar harus menyesuaikan jenis olahraganya. "Olahraga yang diberikan biasanya bukan latihan berat. Kami akan lihat apakah dia ada kemungkinan skoliosis. Jika iya, kami akan menyarankan untuk latihan semampunya."

"Latihan ringan seperti jalan kaki dan latihan sederhana bisa membantu kebugaran. Intinya Anda harus tahu batasan kemampuan yaitu denyut nadi sendiri. Jangan lakukan latihan berat jika Anda bukan atlet dan lakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit sehari," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini