Sukses

Mudik Lebih Dari 6 Jam, Disarankan Bawa Supir Pengganti

Bagi Anda yang mengendarai mobil selama mudik, setidaknya harus membawa persiapan supir pengganti.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang mengendarai mobil selama mudik, setidaknya harus membawa persiapan supir pengganti. Apalagi bila durasi perjalanan diperkirakan memakan waktu lebih dari 6 jam.

Begitu disampaikan Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Kamarudin Askar pada wartawan beberapa waktu lalu. 

"Terutama pemudik yang menggunakan jalan darat dan membawa kendaraannya sendiri, sebisa mungkin membawa supir pengganti. Normalnya, perjalanan 6 jam akan membuat mata lelah. Jadi jangan diforsir untuk menghindari kecelakaan," katanya, ditulis Selasa (14/7/2015).

Selain itu, kata dia, disarankan untuk segera istirahat apabila mengantuk dan ingin buang air kecil. "Selama perjalanan, kita tidak bia prediksi. Diharapkan jangan sampai mengantuk atau menahan terlalu lama buang air kecil untuk mencegah infeksi saluran kemih."

"Tujuan utama mudik adalah silaturahmi setahun sekali dengan keluarga. Jadi jangan paksa tubuh Anda terlalu keras, dan nikmati perjalanan Anda," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.