Sukses

Jangan Asal Membantu Korban Kecelakaan

Anda harus memperhatikan beberapa kondisi yang tidak boleh dilakukan jika ada yang mengalami kecelakaan

Liputan6.com, Jakarta Menolong sesama manusia mungkin sudah fitrahnya. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa kondisi yang tidak boleh dilakukan jika ada yang mengalami kecelakaan.

Seperti disampaikan Praktisi Kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Mohammad Adib Khumaidi, Sp.OT, sejumlah cara menangani pasien emergency telah diajarkan pada tenaga kesehatan. Oleh sebab itu, masyarakat dianjurkan tidak membantu lebih jauh bila ada kecelakaan.

"Potensi kecelakaan selama mudik memang tinggi. Begitu juga trauma ortopedi. Berkendara tanpa istirahat, tidak tahu jalur mudik, membawa muatan berlebih, kerusakan mesin dan sebagainya menjadi penyebab utama kecelakaan. Bila ini terjadi, lebih baik segera panggil tenaga kesehatan atau kepolisian di posko mudik terdekat," katanya saat ditemui beberapa waktu lalu, ditulis Selasa (14/7/2015).

Penanganan awal kecelakaan, kata dia, saat ini telah terogranisir dengan baik. Ada sejumlah dokter yang berjaga di posko kesehatan.

"Bila ingin membantu, sebaiknya panggil pihak berwenang untuk mencegah patah tulang serius," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.