Sukses

Cara Mudah Cegah Gagal Jantung di Usia Tua

Cukup 20 menit per hari berjalan kaki maupun bersepeda bisa cegah risiko gagal jantung.

Liputan6.com, London - Kesehatan jantung merupakan salah satu hal yang sering dikhawatirkan saat senja. Demi mencegah gagal jantung di usia tua, para lansia disarankan untuk berolahraga dengan berjalan kaki atau bersepeda selama 20 menit per hari.

Dalam Journal of American College of Cardiolog, jenis dan waktu olahraga seperti itu dianggap pas untuk menjaga kesehatan jantung di usia tua. Jika terlalu banyak berolahraga bisa meningkatkan lansia dalam kondisi bahaya.

Gagal jantung merupakan sebuah kondisi ketika jantung terlalu lemah untuk memompa darah secara cukup ke seluruh tubuh. Dan dengan berjalan kaki atau bersepeda 20 menit per hari terkait dengan pengurangan risiko gagal jantung pada usia lansia.

"Para partisipan yang semuanya laki-laki dalam penelitian ini juga memberikan informasi terkait aktivitas fiisk pada usia 30-an, sehingga kami bisa memeriksa dampak jangka panjang aktivitas fisik terhadap gagal jantung," terang penulis studi dari Karolinksa Institute di Stockholm, Swedia, Andrea Bellavia.

"Kami menemukan aktivitas terbaru mungkin lebih penting untuk mencegah gagal jantung dibandingkan aktivitas fisik di masa lalu," lanjut Bellavia seperti dikutip laman Mirror, Selasa (18/8/2015).

Sehingga studi ini menyimpulkan terlalu sedikit maupun berlebihan berolahraga bisa meningkatkan risiko kondisi gagal jantung. 

 

Baca Juga:

Trik Jitu Cegah Penyakit Jantung

Â