Sukses

Delapan Jenis Kepintaran dalam Diri Seorang Anak

Profesor Armstrong mendefinisikan delapan jenis kepintaran

Liputan6.com, Jakarta Setiap anak memiliki kepintaran yang berbeda. Karena itu Thomas Armstrong, Ph.D., ahli di bidang Multiple Intelligences mendorong orang tua untuk mengenali delapan jenis kepintaran pada anak dan cara-cara terbaik untuk menstimulasi anak sesuai dengan kepintaran yang mereka miliki.

Profesor Armstrong mendefinisikan delapan jenis kepintaran sebagai ‘word smart’, ‘number smart’, ‘picture smart’, ‘body smart’, ‘music smart’, ‘people smart’, ‘self smart’ dan ‘nature smart’.

"Kita bisa mengenali kepintaran anak dan menentukan cara terbaik untuk merangsang kepintaran tersebut dengan mengamati tingkah laku mereka. Anak-anak yang suka bermain sendiri misalnya, cenderung memiliki jenis kepintaran ‘self smart’,"ujar Thomas Armstrong, Ph.D.

Kepintaran mereka, kata Armstrong akan semakin bersinar bila anak sering diajak berbicara mengenai perasaan dan pendapat mereka tentang berbagai hal atau diajak untuk melakukan aktivitas yang bersifat reflektif seperti yoga.

Sedangkan anak-anak yang suka membuat sesuatu dengan tangan mereka, menyentuh dan mengamati benda-benda di sekitar mereka mungkin memiliki jenis kepintaran ‘body smart’, dan orang tua dapat membantu menstimulasi mereka dengan permainan menyusun balok atau kegiatan fisik seperti olahraga dan menari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini