Sukses

Teknik Pernapasan yang Efektif Redakan Panik

Jika dilakukan dengan teknik yang tepat, pernapasan bisa berhasil membuat tenang dan mengusir panik.

Liputan6.com, London - Anda pasti tahu bahwa saat panik atau cemas, banyak orang menyarankan untuk menarik dan menghembuskan napas. Namun jika dilakukan dengan teknik yang tepat, pernapasan memang efektif menciptakan rasa tenang.

Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menarik napas dua kali lebih banyak dibandingkan saat menghembuskan. Saat Anda menghembuskan napas dalam empat hitungan, saat menarik napas delapan hitungan. Sesederhana itu, seperti diungkapkan penulis Superbetter, Jane Mcgonigal.

"Trik ini bekerja untuk 'menipu' pikiran dari yang tadinya gelisah menjadi lebih tenang dan dalam level istirahat karena adanya perubahan dari di  sistem saraf simpatik menuju sistem saraf parasimpatik," tutur Jane melansir laman Metro, Kamis (12/5/2016).

Sistem saraf parasimpatik terkait dengan keadaan yang membuat pikiran jadi lebih tenang dan relaks. Sementara sistem saraf simpatik terkait dengan kemarahan atau pertengkaran. Teknik bernapas ini juga bisa membantu mengatasi serangan panik, mengurangi migrain, dan kram otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini