Sukses

Perenang Tiongkok Ungkap Rasanya Bertanding Saat Menstruasi

Perenang asal Tiongkok Fu Yuanhui angkat bicara tentang rasanya menstruasi saat bertanding dalam di Olimpiade Rio 2016

Liputan6.com, Rio de Janeiro- Perenang asal Tiongkok, Fu Yuanhui, angkat bicara tentang rasanya bertanding saat menstruasi di Olimpiade Rio 2016. Pada hari-hari awal menstruasi, rasa lemas memang ada namun bukan berarti dia menyerah dengan keadaan itu.

Yuanhui bertanding pada renang estafet wanita 4x100 meter pada Minggu, 14 Agustus. Hasilnya, China berada di posisi keempat seperti diungkap laman People.

Sesudah pertandingan, rekan Yuanhui yakni Lu Ying, Shi Jinglin, dan Zhu Menghui diwawancarai wartawan. Namun tak terlihat Yuanhui. Rupanya, ia sedang berada di belakang arena pertandingan, memegangi perut akibat nyeri perut.

Sang reporter pun menanyakan apakah kondisi Yuanhui baik-baik saja. "Aku tidak bertanding dengan baik saat ini," dan ia meminta maaf kepada rekan-rekannya seperti dikutip laman BBC News, Selasa (16/8/2016).

Atlet berusia 20 tahun ini pun mengelak jika menstruasi jadi alasannya tak berlaga maksimal.

"Ini karena menstruasiku dimulai kemarin. Aku merasa sedikit lelah, namun ini bukan alasannya. Aku tetap tak bisa berenang dengan baik," kata Yuanhui.  

Lalu, apakah menstruasi mempengaruhi performa atlet? Sport scientist, Georgie Bruinvels, mengungkapkan bahwa bisa jadi saat menstruasi mengalami kekurangan zat besi. Namun para wanita tidak menyadarinya.

"Hal ini mungkin berdampak pada jumlah waktu bisa berolahraga dan jumlah maksimum oksigen yang masuk ke tubuh," kata Bruinvels.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini