Sukses

Kenapa Saat Menonton Drama Wanita Lebih Mudah Menangis?

Gender dan pengalaman trama masa lalu jadi penyebab seseorang jadi lebih mudah menangis.

Liputan6.com, New York- Menonton serial drama Korea saja sudah bisa membuat seseorang sesenggukan, tapi kok teman di sebelah tidak ya?. Lalu, melihat video anjing yang berusaha keluar dari perangkap juga air mata sudah mengalir. Banyak dari kita menganggap orang-orang yang mudah menangis seperti ini sensitivitasnya tinggi. Tapi ahli punya jawaban lain.

Seperti dikutip Good Housekeeping, Jumat (16/9/2016) mudah tidaknya seseorang menangis itu dipengaruhi beberapa hal seperti gender serta pengalaman trauma di masa lalu.

Umum diketahui, pria jarang menangis dibanding wanita. Kaum hawa mudah menangis karena pengaruh hormon. Konsumsi pil kontrasepsi dan fluktuasi hormon jelang menopause juga membuat membuat wanita lebih mudah menangis.

Satu lagi penyebab seseorang mudah menangis yakni kurang tidur. Pada saat seseorang kurang tidur emosinya cenderung kurang stabil sehingga jika ada sesuatu sedikit bisa membuat air matanya mengucur deras.

"Pastikan tidur delapan jam setiap hari dan jika mudah stres, berlatih yoga dan meditasi untuk menenangkan," kata pakar.

Namun jika intensitas Anda menangis terus menerus ini kemungkinan ada masalah dengan kesehatan mental. Konsultasikan dengan dokter karena itu merupakan tanda awal depresi.

Video Terkini