Sukses

3 Fakta Mengejutkan tentang Air Mata

Sekitar lima sampai sepuluh ons air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimalis atau kelenjar air mata setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar lima sampai sepuluh ons air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimalis atau kelenjar air mata setiap hari, bahkan dalam keadaan tidak menangis saja mata dapat memproduksi air mata.

Air mata bukan semata-mata berfungsi untuk menjaga kelembaban mata atau terhindar dari kekeringan. Berikut tiga fakta tentang air mata yang perlu Anda ketahui seperti dikutip laman Berkeley Wellness, ditulis Rabu (2/11/2016).

1. Air mata memiliki lapisan

Secara kasat mata, air mata hanya terlihat seperti air pada umumnya. Namun sebenarnya air mata memiliki tiga lapisan yang terdiri dari minyak, air, dan lendir.

Lapisan air mengandung elektrolit seperti natrium dan kalium, protein, glukosa dan zat lainnya. Sementara pada lapisan lemak yang berlapis minyak di bagian luar berfungsi untuk memperlambat penguapan. Namun komposisi air mata dapat berubah setiap harinya, bergantung dari kondisi tubuh dan kesehatan Anda.

2. Air mata memberikan oksigen

Air mata bukan hanya berperan sebagai pelumas saja, namun air mata dapat memberikan oksigen dan nutrisi yang berguna bagi retina. Sementara pada mata yang kering akan menyebabkan pandangan menjadi kabur, bahkan air mata juga berperan sebagai antibodi mata dan melindungi mata terhadap mikroorganisme asing.

3. Air mata memiliki jenis berbeda

Ada tiga jenis dari air mata yaitu kontinyu (basal) air mata yang dihasilkan untuk menjalankan fungsi dasar mata dasar, seperti pelumasan. Refleks (iritan) air mata yang terjadi ketika mata terkena cahaya berlebihan, dingin, angin, benda asing atau gas, dan air mata psikogenik yang terjadi akibat emosional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.