Sukses

7 Kebiasaan yang Tak Disadari Sebabkan Munculnya Jerawat di Dahi

Mulai dari produk perawatan rambut hingga salah menggunakan tabir surya bisa memicu jerawat muncul di dahi.

Liputan6.com, New York- Jerawat tidak hanya muncul di pipi. Pada sebagian orang, jerawat sering kali muncul di dahi. Belasan jerawat aneka ukuran muncul di atas alis hingga area perbatasan dengan rambut.

Ada beragam penyebab jerawat muncul di dahi. Mulai dari produk perawatan rambut hingga salah menggunakan tabir surya bisa memicu jerawat muncul di dahi.

Berikut tujuh penyebab jerawat muncul di dahi seperti dikutip dari situs Teen Vogue pada Selasa (15/11/2016)

1. Jerawat di dahi akibat produk perawatan rambut

Kandungan di dalam sampo, minyak rambut, dan hair spray bisa memicu jerawat di dahi. "Namun bukan berarti tidak memakai produk perawatan rambut kesukaan. Hanya saja, pastikan mencuci rambut secara menyeluruh. Terutama sebelum tidur untuk mencegah pori-pori tersumbat," kata dokter dari Schweiger Dermatology Group, Rachel Nazarian.

2. Malas eksfoliasi

Eksfoliasi atau perawatan wajah dengan mengelupas kulit mati itu perlu rutin dilakukan. Sehingga sisa tabir surya, makeup, keringat, debu, kotoran yang menumpuk di kulit bisa terangkat seperti dipaparkan dokter kulit Clear, Francesca Fusco.

Namun tidak disarankan untuk terlalu sering lakukan eksfoliasi. Paling tepat sekitar satu minggu sekali sehingga sisa produk kecantikan dan debu terangkat.

3. Terpapar sinar matahari

Sedikit paparan sinar matahari bisa mencegah jerawat, namun bila berlebih malah membuat jerawat hadir terutama di dahi.

"Panas matahari membuat berkeringat secara berlebih sehingga minyak di wajah bertambah. Alhasil hal ini memicu peradangan yang membuat kondisi jerawat makin buruk," kata dokter kulit, Ava Shamban.

4. Pemakaian tabir surya yang tidak tepat bisa memincu timbulnya jerawat di dahi

Penggunaan tabir surya yang tidak tepat bisa membuat kulit wajah rentan berjerawat. "Hati-hati dengan kandungan tabir surya. Pilih yang bebas minyak dan tidak memicu komedo. Biasanya tabir surya yang gel tidak menyumbat pori-pori," kata Shamban.

5. Handuk olahraga dipakai berulang

Tidak ada yang salah dengan rutin berolahraga, tetapi perhatikan handuk olahraga yang digunakan. Jangan sampai handuk tersebut digunakan dua kali untuk menyeka keringat.

"Studi menunjukkan ada banyak bakteri dalam handuk yang telah digunakan menyeka keringat berolahraga," kata dokter spesialis kulit Debra Luftman.

6. Hormon

"Beberapa pil KB memicu dahi di jerawat. Namun fluktuasi hormon pada pria dan wanita juga bisa memicu jerawat," kata dokter Nazarian.

7. Konsumsi terlalu banyak gula

"Mengonsumsi asupan gula terlalu banyak bisa memunculkan jerawat terutama di dahi," kata Shamban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini