Sukses

Ada Lubang Kecil di Atas Telinga, Apa Artinya?

Bagaimana bila ada lubang kecil tapi di atas telinga dan tidak pernah ditindik?

Liputan6.com, Jakarta Lubang di telinga identik dengan tindik anting. Tapi bagaimana bila ada lubang kecil tapi di atas telinga dan tidak pernah ditindik?

Jangan khawatir dulu, seperti ditulis dalam situs berita Mirror, Senin (21/11/2016) kondisi ini disebut preauricular sinus. Hanya sedikit populasi manusia yang lahir dengan lubang kecil di atas telinga.

Bahkan di Inggris, kurang dari satu persen orang memilikinya. Di AS, frekuensi lebih rendah, dan di Asia serta bagian dari Afrika, sekitar 4 hingga 10 persen orang mungkin memilikinya.

Sederhananya, lubang di atas telinga ini terjadi karena malformasi dari lesung telinga luar akibat permukaan kulit dan tulang rawan telinga bertemu.

Sinus preauricular ini, secara teknis, termasuk cacat lahir keturunan yang pertama kali didokumentasikan oleh seorang ilmuwan bernama Van Heusinger pada 1864. Biasanya lubang ini hanya ditemukan di satu sisi telinga. Walaupun sekitar 50 persen orang memiliki lubang di kedua telinga.

Menurut Business Insider, salah satu ahli biologi evolusi, Neil Shubin, mengatakan lubang ini bisa menjadi "sisa-sisa evolusi dari insang ikan."

Tetapi jika Anda merupakan bagian dari satu persen populasi dunia yang memiliki lubang telinga ini, tak perlu dikhawatirkan. Sebab lubang ini cenderung tidak menimbulkan masalah. Yang paling mungkin terjadi adalah risiko terinfeksi dan Anda bisa dengan mudah mengobatinya dengan antibiotik. Namun, kadang-kadang operasi diperlukan untuk menghilangkan sinus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini