Sukses

6 Cara Praktikkan Hygge, Rahasia Bahagia Orang Denmark

Ingin menjadi sosok yang bahagia? Tak ada salahnya praktekkan hygge, rahasia kebahagiaan orang Denmark.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Denmark dikenal sebagai salah satu yang paling bahagia sedunia. Pada 2013, 2014, dan 2016 Denmark berhasil menjadi negara paling bahagia sedunia berdasarkan World Happiness Report. Rupanya kunci keberhasilan kebahagiaan karena merka menerapkan konsep hygge.

Hygge yang dibaca hoo-ga merupakan konsep mengenai sesuatu yang nyaman dan menyenangkan jiwa. Konsep kehidupan hygge seperti ini merupakan cara masyarakat Denmark menjalani kehidupan seperti diungkapkan peneliti dari Happiness Research Institute, Kopenhagen, Meik Wiking.

Lebih mudahnya, konsep hygge melingkupi aspek: kebersamaan, kehadiran, tidak ada penyiksaan, relaksasi, dan kenyamanan.

"Hygge itu seperti pelukan, tapi tanpa sentuhan fisik," kata Wiking, mengutip Fox News, Senin (6/2/2017).

Cara positif menjalani kehidupan ala masyarakat Denmark ini bisa kita tiru. Wiking menjelaskan berikut enam cara kita bisa mempraktikkan hygge dalam kehidupan.

1. Menciptakan suasana nyaman

"Orang-orang Denmark terobsesi dengan desain interior sebuah rumah. Bagi mereka reuma merupakan markas hygge, " kata Wiking

Rumah hygge butuh memiliki hyggekrog atau sebuah sudut nyaman sehingga pemilik rumah bisa bersantai untuk menikmati kopi atau membaca koran.

Masyarakat Denmark juga senang memasukkan unsur-unsur alam ke dalam rumah. Seperti kayu, ranting, kulit binatang, daun. Sehingga tak heran, mereka kerap kali memiliki meja kayu untuk yang saat disentuh mengingatkan dengan alam.

"Membiarkan jemari menyentuh meja kayu menimbulkan perasaan berbeda saat kita memegan benda yang terbuat dari baja, kaca, atau plastik," kata Wiking lagi.

2. Merawat dan membuat diri nyaman

Orang-orang Denmark senang sekali memanjakan diri mereka. Misalnya, usai pulang dari kantor, lalu kaki kasar, bisa merawat kaki sambil menonton TV.

Wiking merekomendasikan bila ingin menerapkan hygge, miliki sebuah kotak yang didalamnya berisi hal-hal yang membuat nyaman serta merawat diri. Mulai dari memiliki lilin, cokelat berkualitas, kaus kaki hangat, selimut lembut.

Merajut memiliki berbagai manfaat luar biasa kepada diri sendiri. Simak ulasan berikut ini.

3. Belajar kerajinan tangan

Merajut merupakan salah satu hal yang sangat hygge. Pada saat merajut seseorang secara sadar dan perlahan dengan ritme stabil dengan efek menenangkan seperti dijelaskan Wiking. Jika tidak senang merajut, bisa menjajal belajar seni kerajinan lain.

"Pada umumnya kerajinan tangan adalah hygge, terlebih jika melakukan dengan seorang teman. Momen ini juga jadi kesempatan untuk menjalani hidup secara perlahan tapi produktif," kata Wiking.

2 dari 2 halaman

Bersyukur atas hal kecil

4. Mengonsumsi makanan lezat ala hygge

Kue kering, cake, roti yang baru di oven amat digemari warga Denmark. "Tidak perlu makanan tersebut cantik seperti buatan koki. Bahkan akan lebih hygge bila membuat dan mengonsumsi bersama keluarga dan teman.

"Dibandingkan hanya satu orang yang memasak, lebih hygge bila semua memasak bersama. Akan menjadi malam yang santai dan informal," kata Wiking.

Masih belajar masak? Tenang, 10 hidangan mudah dibuat ini bisa carikan suasana makan malam keluarga.| Via: kuow.org

5. Mulai tradisi baru dengan orang dicinta

Kebersamaan merupakan bagian utama dari konsep hygge. Melakukan hal-hal baru bersama orang-orang dicintai merupakan salah satu caranya. Seperti berkumpul di malam hari, menyewa guest house, memetik buah bersama.

"Setiap kegiatan yagn bermakna akan membuat hubungan jadi lebih dekat," kata Wiking.

6. Selalu bersyukur

Salah satu hal yang tak pernah terlupakan dari hygge adalah selalu bersyukur. Tak harus hal besar, tapi juga hal-hal kecil dan indah. Seperti memiliki hari yang indah, secangkir cokelat panas, atau menonton film favorit.

"Penelitian menunjukkan orang yang merasa bersyukur tidak hanya jadi lebih bahagia, tapi juga membuat kita jadi sosok yang tidak materialistis dan memaafkan," kata Wiking.

Video Terkini