Sukses

Kelas, Tempat Mengupil Favorit Para Remaja

Survei menemukan kebiasaan mengupil menjadi hal yang sering dilakukan banyak remaja di kelas.

Liputan6.com, Jakarta Mengupil atau dalam istilah medis rhinotillexomania merupakan hal yang sering dilakukan banyak orang. Meski tampak jorok dan menjijikkan, studi berhasil menunjukkan perilaku ini termasuk kebiasaan yang lazim.

Thompson dan Jefferson, peneliti dari AS melakukan studi ilmiah terkait mengupil. Peneliti mengirim survei lewat pos ke 1.000 warga di Dane County dan Wisconsin. Peneliti mendapatkan 254 jawaban dari survei tersebut.

Hasil survei menunjukkan, sekitar 91 persen responden mengaku pernah mengupil. Namun, hanya ada 1,2 persen individu yang mengaku melakukan kebiasaan ini, setidaknya setiap satu jam sekali. Peneliti menarik kesimpulan mengupil merupakan kebiasaan dari masing-masing individu.

Mengutip BBC, Rabu (16/5/2017) lima tahun setelah penelitian itu, dokter Chittaranjan Andrade dan BS Srihari dari National Institute of Mental Health and Neurosciences Bangalore, India, melihat bahwa kebiasaan ini lebih sering dilakukan oleh individu pada usia remaja dibandingkan orang dewasa.

Survei lanjutan menemukan remaja lebih sering mengupil saat di ruang kelas dan tempat-tempat yang memungkinkan mereka untuk menggapai hidungnya. Survei ini juga mendapatkan 7,6 persen dari 200 siswa yang mengaku mengupil 20 kali setiap hari.

Menurut mereka, mengupil dapat meringankan rasa gatal sekaligus membersihkan kotoran dalam hidung. Uniknya, hanya 12 persen dari remaja mengaku menemukan sensasi enak dari mengupil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.