Sukses

Uji Tercepat untuk Diagnosa Bakteri TBC

Para ilmuwan di Inggris telah menyusun tes ultra-sensitif baru yang dapat mendiagnosis adanya bakteri TB dalam satu jam.

Liputan6.com, Inggris:  Anda tentunya sudah mengenal penyakit yang disebut Tuberkulosis atau TB. Penyakit yang lebih dikenal dengan TBC ini merupakan penyakit menular, yang biasa mempengaruhi paru-paru. Penyakit ini ditularkan melalui udara yang tercemar oleh Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan atau dikeluarkan si penderita TBC saat batuk.

Reporter BBC News, Neil Bowdler, mengatakan ilmuwan Inggris telah menyusun tes ultra-sensitif baru yang dapat mendiagnosis adanya bakteri TBC dalam satu jam. Tes ini telah dikembangkan oleh Health Protection Agency (HPA) dan  teruji dapat melihat semua jenis penyakit, pencegahannya serta dampak yang ditimbulkannya.(15/10)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2008 diperkirakan lebih dari satu juta orang di seluruh dunia meninggal akibat TBC. Gejala awal TBC adalah batuk berlendir kemudian sakit dada, lemas, penurunan berat badan, demam dan berkeringat di malam hari.

Tes diagnosa gejala tersebut biasanya berlangsung hingga delapan minggu. Tes lain yang lebih cepat adalah mencari antigen yang ditemukan pada  TBC, tetapi tes ini tidak dapat mendeteksi semua infeksi, HPA melaporkan. Tes terbaru fokus pada suatu daerah tertentu dalam DNA dimana terdapat banyak bakteri yang menyebabkan berbagai jenis penyakit . Dari hasil sampel, teknik ilmiah menemukan reaksi "polymerase" dapat digunakan untuk memperkuat volume DNA  sehingga tanda genetik dapat diidentifikasi.(BBC/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini