Sukses

Rahasia Senyuman Sempurna yang Mampu Pancarkan Keaslian Wajah

Bagaimana karakteristik senyuman yang sempurna dan asli?

Liputan6.com, Amerika Serikat Para ilmuwan telah menemukan karakteristik senyuman yang sempurna. Karakteristik senyuman ini dinilai efektif dan menyenangkan hati orang lain yang melihatnya. Teknik penelitian menggunakan wajah 3 dimensi berupa animasi.

Senyuman ini bertentangan pada anggapan yang selama ini dipercayai, senyuman yang lebih lebar dan lebih banyak gigi itulah yang terbaik. Hasil temuan terbaru justru menemukan, rahasia senyuman yang sempurna dan asli harus memiliki keseimbangan antara gigi, sudut mulut, dan lebar senyum.

Ekspresi model wajah animasi diubah dengan memvariasikan sudut mulut, lebar senyum, dan gigi. Peserta diminta menilai senyuman berdasarkan keaslian dan perasaan emosional, apakah senyuman yang dilihat membuat hati terasa senang atau tidak.

Senyuman dinilai sempurna bila lebar senyum cukup simetris antara sisi kiri dan kanan wajah, sesuai ditulis dari Hindustan Times, Senin (3/7/2017).

Melalui penggunaan animasi 3D dapat membantu untuk mengembangkan pemahaman yang lebih lengkap soal emosional saat melihat ekspresi wajah. Hal ini dikarenakan beberapa orang memiliki kondisi medis, seperti stroke yang menghambat ekspresi wajah.

Temuan juga dapat menjadi acuan praktik medis saat ini untuk operasi dan rehabilitasi (pengembalian bentuk sempurna) wajah.

Penelitian senyuman terbaru ini dilakukan University of Minnesota, Amerika Serikat dengan mempresentasikan serangkaian model wajah animasi 3D di depan 802 peserta. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.