Sukses

Jepang Ciptakan Trombosit dari Sel Induk

Peneliti Jepang berhasil menciptakan trombosit dengan menginduksi sel-sel induk berpotensi majemuk, dengan menyuntikkan protein ke dalam sel iPS yang diambil dari jaringan kulit manusia. Produksi massal trombosit dapat membantu mengimbangi kekurangan donor darah yang tidak mencukupi.

Liputan6.com, Tokyo: Peneliti Jepang berhasil menciptakan trombosit dengan menginduksi sel-sel induk berpotensi majemuk, atau sel iPS. Seperti dilansir dari kantor berita Jepang NHK, Selasa (23/11), para peneliti dari Universitas Tokyo membuat trombosit dengan menyuntikkan protein ke dalam sel iPS yang diambil dari jaringan kulit manusia.

Profesor Hiromitsu Nakauchi, salah seorang peneliti mengatakan produksi massal trombosit dapat membantu mengimbangi kekurangan jumlah donor darah yang tidak mencukupi. Para peneliti berharap terobosan ini akan membantu kekurangan keping darah atau trombosit yang berasal dari darah yang disumbangkan.

Pengujian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa platelet mampu membendung pendarahan. Sel iPS memiliki kecenderungan untuk mengubah kanker, namun trombosit tidak memiliki sikap dasar itu. Trombosit  diharap dapat meningkatkan sel-sel yang bisa dibersihkan untuk penggunaan klinis. (Vin)

    Video Terkini