Sukses

6 Tanda Perut Anda Alami Masalah Serius

Gejala yang tampaknya sepele di bagian perut bisa menjadi pertanda kondisi medis yang lebih serius.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Anda mungkin sering mengabaikan sakit pada perut. Rasa sakit itu kadang kita anggap normal karena muncul setelah makan atau tertawa. Namun, ada titik di mana gejala ini mungkin tidak seperti biasa atau bahkan menjadi tanda adanya sesuatu yang serius.

Terkadang, sebuah gejala di satu bagian tubuh bisa menjadi pertanda adanya masalah di bagian lain. Bahkan, gejala yang tampaknya sepele bisa menjadi pertanda kondisi medis yang lebih serius. Jika ada rasa sakit tiba-tiba yang penyebabnya tidak jelas, maka disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter.

Berikut ini beberapa masalah perut yang bisa menandakan masalah kesehatan serius seperti dilansir dari Boldsky, Rabu, (27/9/2017).

1. Mulas

Jika perut Anda tiba-tiba terasa terbakar tanpa alasan tertentu, maka inilah saatnya Anda menghubungi dokter. Apalagi, jika Anda memiliki gejala lain seperti penurunan berat badan, ada rasa makanan tersangkut di tenggorokan, darah dalam tinja, dan sebagainya.

2. Nyeri Perut

Banyak orang dapat memiliki rasa sakit di pusar saat mereka menderita radang usus buntu. Masalah pada kantong empedu bisa memberi rasa sakit di perut bagian atas atau bahkan di punggung Anda.

3. Konstipasi

Terkadang sembelit bisa menjadi pertanda adanya sesuatu yang serius seperti masalah tiroid, luka pada lapisan usus besar, Irritable bowel syndrome (IBS), atau efek samping dari obat-obatan.

 

 

Simak juga video menarik berikut:

 

2 dari 2 halaman

Jangan anggap remeh diare dan kembung

4. Diare

Diare dapat menyebabkan dehidrasi berat. Anda disarankan untuk menemui dokter, jika memiliki gejala seperti berikut: diare encer selama lebih dari dua hari, demam di atas 39°C, sering muntah, dan terasa sakit pada bagian perut.

5. Kembung

Jika kondisi ini mencegah Anda untuk terus menjalani rutinitas harian, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Ini kemungkinan bisa berhubungan dengan IBS.

6. Kemerahan

Jika Anda mengalami masalah perut, disertai gejala seperti penyakit crohn, radang usus besar, alergi protein, luka, borok, depresi selain tanda demam, muntah atau tidak nafsu makan, maka Anda harus berkonsultasi segera dengan dokter.