Sukses

Cegukan Tak Kunjung Berhenti? Coba Cara Ini

Bila sudah minum air putih tapi cegukan tak kunjung berhenti, saatnya Anda mencoba cara lain.

Liputan6.com, Jakarta Hal yang biasa dilakukan untuk menghentikan cegukan adalah minum air. Biasanya setelah minum sembilan atau 10 teguk air putih cegukan akan berhenti. 

Namun, jika cara di atas tak menghentikan cegukan, bisa dicoba enam trik lainnya seperti dilansir Readersdigest.

Tutup mulut

Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan adalah dengan menutup mulut. Bertambahnya karbon dioksida akan membantumu menyingkirkan cegukan.

Menekan telapak tangan

Menekan telapak tangan dengan ibu jari tangan yang lain juga akan menghentikan cegukan. Itu akan menyebabkan munculnya ketidaknyamanan yang kemudian memengaruhi sistem saraf untuk menyingkirkan cegukan yang terjadi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

Menjulurkan lidah

Menahan napas

Saat sedang cegukan, cobalah untuk menarik napas mendalam dan kemudian tahan. Ketika ada penumpukan karbon dioksida di paru-paru, diafragma akan jadi rileks yang kemudian membantu menyingkirkan cegukan.

Menjulurkan lidah

Ketika tidak ada orang di sekitarmu, julurkan lidah. Gerakan ini akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Kamu akan bernapas lebih lancar dan kemudian memadamkan kejang yang menyebabkan cegukan.

Menutup telinga

Menghentikan cegukan ternyata bisa dilakukan dengan menutup telinga selama 20-30 detik. Selain itu, kamu juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak.

 

Penulis: Febrianti Diah Kusumaningrum

Sumber: merdeka.com

  • Cegukan adalah kontraksi pada otot diafragma (otot yang membatasi dada dan perut) yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disadari.

    Cegukan

  • Merdeka.com