Sukses

Santap Secukupnya, Makanan Pedas Datangkan 8 Kebaikan Bagi Tubuh

Makanan pedas tidak selalu membawa dampak buruk bagi tubuh. Bila disantap dalam batas wajar, bisa mendatangkan 8 kebaikan.

Liputan6.com, Jakarta Menyantap segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bagi tubuh. Begitu juga dengan makanan pedas. Lambung bisa iritasi, yang pada akhirnya membuat dinding lambung terluka, karena terlalu sering menyantap seporsi masakan berbumbu dasar cabai ini.

Menurut Dokter Rio Aditya dari situs Klik Dokter, apabila luka ini tidak segera diobati, bisa-bisa paparan zat capsaicin yang berasal dari cabai membuat lambung berdarah dan pecah.

"Tak berhenti di situ, zat capsaicin pada cabai juga dapat mengiritasi mukosa pada mata, bibir dan saluran cerna," katanya dikutip Health Liputan6.com pada Jumat, 11 Mei 2018.

Akan tetapi, lanjut Rio, makanan pedas bisa mendatangkan delapan kebaikan bagi tubuh jika disantap dalam batas wajar, tidak berlebihan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sederet Manfaat Makanan Pedas

Berikut sederet manfaat dari makanan pedas, seperti yang disampaikan Rio.

  1. Meredakan batuk berdahak
  2. Meredakan gejala sinusitis
  3. Meredakan keluhan sakit kepala
  4. Mengurangi rasa nyeri di tubuh
  5. Mencegah pertumbuhan beberapa bakteri jahat di dalam usus
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Menurunkan berat badan, karena mampu menekan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori di dalam tubuh

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.