Sukses

Pola Latihan untuk Iqbaal Ramadhan Supaya Tampil Maksimal Sebagai Minke

Iqbaal Ramadhan yang akan memerankan sosok Minke di film Bumi Manusia harus melakukan latihan rutin sebanyak empat kali dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta Seorang Health and Fitness Educator, Jansen Ongko, diberi tanggung jawab 'memoles' Iqbaal Ramadhan agar tampil paripurna saat berperan sebagai Minke di film Bumi Manusia.

Dua hari yang lalu, pria yang pernah mendalami ilmu gizi di Amerika Serikat, menggunggah sebuah foto di Instagram yang memperlihatkan dirinya tengah melatih Iqbaal melakukan gerakan yang mirip squat, sambil memegang bola seberat tiga kilogram.

"Preparing this young and talented boy for his next role in #BumiManusia. Big respect to your dedication and commitment to outwork people's expectations and job demands. Indeed, nothing worth having comes easy,"

tulis Jansen sebagai keterangan foto yang diakhiri emoticon jempol.

Saat dikonfirmasi, Jansen, mengatakan, akan menaikkan berat badan Iqbaal Ramadhan sebanyak lima kilogram dalam waktu satu bulan. Sebab, proses syuting Bumi Manusia akan dilaksanakan bulan depan.

"Karena waktu yang terlalu sempit, satu bulan cukuplah untuk menaikkan berat badannya," kata Jansen Ongko saat dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu, 6 Juni 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pola Latihan untuk Iqbaal Ramadhan

Lebih lanjut, adapun pola latihan yang diberikan kepada Iqbaal Ramadhan berupa total body workout.

"Dalam artian, setiap kali kita berlatih, yang dilatih tidak hanya salah satu otot saja. Latihannya lebih total body workout, yang mana seluruh otot, terutama otot besar di tubuh dilatih," ujarnya.

Melihat kondisi Iqbaal yang belum pernah melakukan latihan kekuatan (strength training), Jansen juga mengajarkan personel CJR itu gerakan movement.

"Saya mengajarkannya bagaimana cara berdiri, dari duduk kemudian berdiri yang baik secara form."

Ini dirasa perlu. Selain karena tidak pernah melakukan olahraga apa pun, Iqbaal Ramadhan diketahui punya riwayat patah tangan sebelah kiri yang membuatnya lebih banyak menggerakkan tangan kanannya.

Pekerjaan rumah yang mesti Jansen selesaikan terlebih dahulu adalah mengembalikan fungsi tubuh Iqbaal akibat bahu kirinya yang lemah.

"Mostly, gerakan total body workout dengan tujuan mengembalikan movement-nya dia," kata Jansen.

 

3 dari 4 halaman

Latihan Lain untuk Iqbaal Ramadhan

Walaupun latihannya berupa total body workout, Jansen lebih memfokuskan ke tubuh bagian atas (upper body) dulu, seperti dada dan bahu.

"Supaya di saat Minke ini memakai pakaian, kelihatan lebih tegap dan sedikit atletis," kata Jansen Ongko menambahkan.

Dalam latihannya, beban tetap digunakan tapi disesuaikan dengan kemampuan Iqbaal. Jansen, menekankan, pola latihan yang diberikan tidak seperti yang kita lihat saat Hug Jackman yang disiksa mati-matian berlatih di pusat kebugaran demi perannya di sebuah film.

"Tentu tidak seperti itu. Kita melatih Iqbaal sesuai dengan kebutuhan tubuhnya," kata Jansen.

 

4 dari 4 halaman

Lima Kilogram Bukan Didominasi Otot

Menurut Jansen, lima kilogram itu sudah pasti tidak didominasi oleh otot, karena Iqbaal sendiri tergolong kurus (underweight). Sehingga, kalau berat badannya naik dengan adanya masa lemak pun tidak apa-apa.

Intinya, latihan empat kali dalam satu minggu yang Jansen susun untuk memoles tampilan Iqbaal itu sesuai deskripsi sosok Minke yang akan dia mainkan.

Tidak hanya gerakan, pola makan Iqbaal juga di bawah pengawasan Jansen dan tim. Jansen tak bisa menjelaskan secara detail pola makan yang diterapkan.

"Ya, pola makannya yang bisa memperbaiki daya serap tubuhnya. Jadi, makanan yang dia konsumsi bisa disimpan oleh tubuhlah," kata Jansen menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.