Sukses

Idealnya Pasang Kawat Gigi di Usia Ini

Ketika Anda ingin melakukan perawatan pemasangan kawat gigi, pastikan usia Anda tergolong layak buat melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta Guna mendapatkan barisan gigi yang rapi dan bersih, dokter gigi biasanya akan menganjurkan pasiennya untuk memasang kawat gigi. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua usia bisa melakukan perawatan metode ini. 

Perawatan menggunakan kawat gigi paling banyak dipilih lantaran lebih simpel dan hasilnya nyata jika digunakan pada usia yang tepat.

Ya, seseorang yang hendak menggunakan kawat gigi harus sadar usia terlebih dahulu. Ini karena kawat gigi hanya dapat memberikan manfaat yang signifikan bila digunakan pada usia-usia tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usia Ideal Pasang Kawat Gigi

Pada umumnya, pemakaian kawat gigi yang paling dianjurkan adalah ketika seorang anak mulai menginjak usia 13-18 tahun. Karena pada usia tersebut, arah pertumbuhan gigi yang tidak teratur sudah bisa dideteksi. Di samping itu, pada usia ini perkembangan tulang rahang dan wajah juga masih berlangsung, sehingga penggunaan kawat gigi akan memberikan efek yang sangat berarti.

Sedangkan, jika sudah menginjak usia 18-40 tahun, penggunaan kawat gigi tak mampu mengubah struktur tulang rahang. Karenanya, mereka yang menggunakan kawat gigi di rentang usia tersebut biasanya hanya memiliki maksud memperbaiki susunan gigi di rongga mulut.

Penulis : drg. Callista Argentina / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.