Sukses

Kiat Haruka Nakagawa dan Sang Nenek Tetap Fit

Kebiasaan orang Jepang berjalan kaki menjadi cara Haruka Nakagawa dan neneknya untuk tetap sehat di segala usia

 

Liputan6.com, Jakarta Berkarier di Indonesia bukan hal yang mudah bagi mantan personel JKT48, Haruka Nakagawa. Gadis 26 tahun itu mengakui dirinya sempat terkejut ketika melihat kebiasaan orang Indonesia yang memakai kendaraan pribadi untuk bepergian.

Padahal, Haruka Nakagawa mengatakan bahwa orang Jepang terbiasa untuk bepergian dengan jalan kaki dan naik kendaraan umum. Karena itulah, apabila mudik ke kampung halamannya di Jepang, dia lebih banyak berjalan kaki.

"Misalnya kalau setelah habis syuting, aku kan dari rumah naik mobil ke tempat syuting, terus syuting, terus pulang naik mobil lagi. Kan, enggak jalan kaki. Jadi kalau pulang ke Jepang aku jalan kaki terus biar sehat," ujar Haruka Nakagawa pada awak media di peluncuran Oronamin C Drink di Jakarta. Ditulis Jumat (6/7/2018).

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Kaki Rahasia Nenek Haruka Tetap Sehat

Haruka mengatakan bahwa orang Indonesia lebih suka bepergian dengan kendaraan pribadi, berkebalikan dengan masyarakat Jepang. Namun, dia mengakui bahwa hal tersebut juga dikarenakan transportasi umum seperti kereta di negara matahari terbit lebih mudah untuk dijangkau dengan berjalan kaki.

"Tapi kan sekarang Indonesia sedang bikin (membangun) kereta juga, jadi semoga orang-orang banyak yang jalan kaki juga ya, hehehe," katanya.

Selain itu, Haruka juga mengatakan bahwa jalan kaki menjadi salah satu rahasia sang nenek di Jepang untuk berumur panjang.

"Sudah umur 77 tahun masih naik sepeda, kok," ujar mantan personel AKB48 itu.

Selain itu, Haruka juga bercerita bahwa sang nenek suka mengonsumsi makanan sehat seperti ikan dan sayur. Di samping berjalan kaki tentunya. "Dari situ mungkin sehatnya," tambah perempuan yang sekarang merambah menjadi host di sebuah reality show televisi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.