Sukses

Permen Vitamin Bisa Sebabkan Overdosis ?

Hati-hati saat makan permen vitamin. Jangan terlalu banyak, karena tak baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Permen vitamin C menjadi salah satu bentuk vitamin yang mudah dikonsumsi bahkan digemari oleh anak-anak. Hal itu dikarenakan rasanya yang manis seperti permen, teksturnya yang kenyal, dan bentuknya yang biasanya menyerupai hewan lucu nan menggemaskan.

Tidak sedikit anak yang ingin mengonsumsi permen vitamin secara terus menerus tanpa henti. Selain karena rasanya yang enak dan bikin ketagihan, mungkin juga karena adanya anggapan bahwa permen vitamin baik untuk kesehatan. Sebaiknya, tetap perlu diperhatikan bahwa permen vitamin tidak boleh disamakan dengan permen biasa.

“Setiap jenis vitamin kunyah tidak boleh dilihat sebagai permen,” kata juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet serta pendiri Lemond Nutrition, Angela Lemond, R.D.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Takaran Konsumsi Permen Vitamin

Namun, bolehkah kita tetap mengonsumsi permen vitamin dalam jumlah yang banyak? Melansir dari laman Womens Health Mag pada Senin (23/7/2018), berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mengonsumsi permen vitamin dalam jumlah banyak.

1. Permen vitamin mengandung banyak kalori dan gula

Ternyata dalam setiap satu buah permen vitamin terkandung tujuh hingga delapan kalori dan satu hingga dua gram kandungan gula. Bila kita mengonsumsi permen vitamin sebanyak 10 buah dalam sehari sama saja kita memasukkan 80 kalori ekstra dan 20 gram gula dalam tubuh.

2. Permen viamin mengandung gula alkohol

Gula alkohol atau biasa terkenal dengan sebutan sorbitol, monitol, dan xylitol terkandung dalam permen vitamin. Bahan-bahan tersebut biasanya dapat menyebabkan orang mengalami diare. Bayangkan apa yang terjadi bila kita mengonsumsi banyak permen vitamin dalam sehari ? tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi.

3. Konsumsi banyak permen vitamin bisa menyebabkan efek samping

Seseorang yang mengonsumsi vitamin permen dalam jumlah banyak memungkinkan menyerap terlalu banyak vitamin dalam tubuhnya. Seperti yang kita ketahui, sesuatu hal yang berlebihan tentu tidak akan baik. Hal itu memungkinkan kita Overdosis pada sejumlah vitamin tertentu, terutama yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Asupan nutrisi yang berbeda dapat memiliki efek yang berbeda pula pada tubuh seseorang, seperti muntah dan diare. Sehingga, alangkah baiknya untuk mengonsumsi permen vitamin sesuai dengan dosis dan takarannya.

Penulis : Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini