Sukses

Aneka Olahan Daging Sapi, Resep Sate Goreng

Ada aneka olahan daging sapi, salah satunya sate. Kalau kebanyakan sate dibakar, tapi ini ada sate goreng. Inilah resep sate goreng ala Pak Budi

 

Liputan6.com, Jakarta Ada aneka olahan daging sapi, salah satunya sate. Kalau kebanyakan sate dibakar, tapi ini ada sate goreng. Inilah resep sate goreng ala Pak Budi 

Bahan-bahan:

250 gr daging kambing/daging sapi (dapat dicampur dengan jeroan)

10 siung bawang merah

4 siung bawang putih

5 buah cabe rawit utuh

3 sdm minyak samin atau margarin sebagai pengganti

3 buah tomat hijau (tomat sayur), iris kasar

5 sdm Kecap BangoLada dan garam secukupnya

100 ml air

Bumbu sate:

5 siung bawang putih

2 sdt ketumbar

5 buah kemiri

5 lembar daun jeruk

100 gr gula merah

Asem jawa secukupnya

Air secukupnya

Kecap secukupnya

Bahan pelengkap:

2 buah tomat merah, iris kasar 100 gr kol, iris halus

Cara Memasak

Bumbu sate

Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri dan daun jeruk. Campurkan gula merah, asem jawa dan air. Tambahkan kecap. Potong daging dan celupkan ke dalam parutan nanas selama 5 menit. Angkat, lalu lumuri daging dengan bumbu sate, sisihkan. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan dengan minyak samin. Masukkan cabe rawit utuh dan tomat, aduk rata.

Masukkan daging kambing yang telah dilumuri bumbu sate, lalu aduk rata sampai berubah warna. Tambahkan kecap dan aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit, aduk rata hingga meresap. Masukkan lada dan garam secukupnya. Aduk rata, lalu angkat. Sajikan bersama irisan kol dan tomat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.