Sukses

Sekalipun Tak Dibaca, Simpan Setumpuk Buku Bikin Lebih Pintar

Walaupun tidak dibaca, menyimpan buku berpengaruh pada pendidikan seseorang

 

Liputan6.com, Jakarta Walaupun tidak dibaca, punya setumpuk buku bisa bikin seseorang menjadi lebih pintar. Lho, kok bisa? Temuan ini terungkap dari sebuah penelitian terbaru.

Melansir New York Post pada Rabu (17/10/2018), sebuah studi yang dilakukan oleh Australian National University dan University of Nevada mengungkapkan sebuah hasil unik ini. Para peneliti mengatakan, orang yang memiliki lebih banyak buku saat dirinya semakin dewasa, akan meningkatkan hasil pendidikan.

Yang unik, sekalipun buku-buku tersebut tidak dibaca oleh pemiliknya, hal tersebut tetap akan berpengaruh pada hasil pendidikan mereka.

The Guardian melaporkan, penelitian ini menunjukkan di usia 16 tahun, korelasi kuat terjadi antara jumlah buku yang dimiliki, dengan kemampuan membaca, matematika, dan komputer di kemudian hari.

Penduduk Estonia berada di urutan pertama negara yang memiliki banyak buku di dunia. Rata-rata, dalam setiap rumah tersimpan 218 buku. Sebanyak 25 persen keluarga di sana memiliki lebih dari 350 buku.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu dari Lima Rumah Tangga di AS Hanya Punya 5 Buku

Sementara, Norwegia berada di posisi kedua dengan rata-rata 212 buku dalam setiap rumahnya.

Negara maju seperti Amerika Serikat berada di urutan ke sebelas. Dalam setiap rumah di AS, rata-rata hanya memilikik 114 buku. Angka ini termasuk di bawah rata-rata dunia yaitu 115.

Sementara itu, 32 persen keluarga di negeri Paman Sam hanya memiliki 65 persen. Ini adalah kelompok yang paling besar dalam penelitian di negara tersebut. Tidak hanya itu, satu dari lima rumah tangga di sana hanya memiliki lima buku.

"Tumbuh di sekitar buku mempromosikan fondasi budaya ilmiah," ujar Kepala Penulis Studi itu, Dr. Joanna Sikora.

Adapun, penelitian ini dipublikasikan di jurnal penelitian Social Science Research.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.