Sukses

Kesiapan Laboratorium di Indonesia Cegah Penyebaran Bakteri

Laboratorium di Indonesia tengah melakukan penguatan laboratorium untuk mencegah bakteri dan virus tidak menular kepada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Analis dan Determinan Kementerian Kesehatan RI, Pretty Multihartina mengungkapkan Indonesia tengah melakukan penguatan laboratorium untuk mencegah bakteri dan virus tidak menular kepada manusia.

"Masing-masing laboratorium punya level sendiri untuk menghadapi jenis penyakit. Makin tinggi level kapasitas laboratorium, maka kapasitas penguatan sistem juga tinggi," kata Pretty di Kementerian Kesehatan, Jakarta pada Jumat (2/11/2018).

Salah satu cara penguatan laboratorium adalah dengan pengaturan aliran udara di dalam gedung. Misalnya, untuk laboratorium level tiga menghadapi virus flu burung (avian influenza).

"Aliran udara diatur untuk mengalirkan udara keluar ruangan (luar gedung). Jadi, tidak ada bakteri yang beredar di dalam ruangan," lanjut Pretty.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah penyebaran penyakit

Adanya pengaturan laboratorium dengan sistem aliran udara itu dapat mencegah penyebaran bakteri.

"Bakteri akan tersaring keluar. Ini disebut trik mencegah penyebaran penyakit lewat udara (airborne disease transmission)," jelas Pretty.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.