Sukses

3 Tanda Anda Termasuk Orangtua Perfeksionis

Salah satu ciri orangtua perfeksionis adalah sering merasa bersalah baik ketika anak sakit atau nilai anak buruk.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua tentu ingin menjadi yang terbaik bagi buah hatinya. Jika dalam level wajar mungkin tak masalah, tapi jika sudah berlebih kita akan cenderung perfeksionis.

Efeknya bakal tak menguntungkan baik bagi diri sendiri dan anak. Hal ini akan membuat perkembangan anak jadi terganggung, mereka akan mudah panik, sulit mengontrol emosi dan bahkan jadi tak percaya diri.

Lalu, apa tandanya jika Anda termasuk orangtua yang perfeksionis? Seperti dilansir laman Verywell berikut tanda-tandanya. 

- Sering mengkritik diri sendiri

Kritikan ini mungkin hanya muncul di pikiran tapi selalu saja terlontar. Mulai dari mengkritik karena tak menyediakan makanan organik untuk anak, tak bisa membeli mainan yang mahal, tak konsultasi di dokter anak ternama dan masih banyak kritikan lainnya pada diri sendiri.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

- Selalu merasa bersalah

Dihantui rasa bersalah setiap hari, banyak hal yang memicunya. Terutama saat anak sakit, mengalami masalah di sekolah atau tak mendapat ranking. Padahal masih lebih banyak hal positif yang sudah Anda lakukan untuk buah hati.

- Selalu membandingkan

Kerap kali membandingkan gaya pengasuhan dan mengurus anak dengan orangtua lain. Lalu merasa lebih buruk dalam mengasuh anak, hal ini pun membuat Anda jadi mudah kecewa. Pasalnya, ekspektasi sangat tinggi.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.