Sukses

Momen Staf NASA Meloncat Kegirangan Saat Robot InSight Mendarat di Mars

Pendaratan robot Insight Lander di Mars terjadi pada Senin, pukul 14.47 siang waktu AS bagian timur (Selasa, pukul 02.47 Wib).

Liputan6.com, Jakarta Rekaman video memperlihatkan para staf NASA meloncat kegirangan dan saling berpelukan saat robot rover NASA mendarat di planet Mars. Pendaratan robot Insight Lander di Mars terjadi pada Senin, pukul 14.47 siang waktu AS bagian timur (Selasa, pukul 02.47 Wib).

Perjalanan Insight Lander luar biasa selama enam bulan. Robot itu menempuh jarak 300 juta mil dari Bumi menuju Mars. Misi ini adalah upaya pertama robot NASA mendarat di Mars.

Butuh waktu sekitar enam tahun hingga akhirnya misi tersebut akhirnya terwujud. Para staf NASA yang berada di dalam ruang kendali Jet Propulsion Laboratory, dekat Los Angeles, Amerika Serikat bertepuk tangan dan bersorak gembira.

Sebuah prestasi yang sangat menakjubkan telah tercapai.

Melansir laman Evening Standard, Rabu (28/11/2018), pendaratan InSight di Mars melewati fase yang rumit. Fase pendaratan yang rumit menempuh perjalanan 13.200 mph dari atmosfer tipis planet ke permukaan Mars. Kondisi itu memberikan sedikit gesekan sehingga memperlambat laju robot.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Misi robot InSight

Robot InSight Lander terhasil menurunkan kecepatan hingga lima mil per jam hanya dalam tujuh menit. InSight berhasil mendarat di area Plansium Elysium Mars, sebelah utara khatulistiwa.

Lokasi ini digambarkan sebagai tempat yang ideal untuk mendarat karena permukaannya yang datar dan tidak berbatu.

"Ini adalah berita bagus, robot antariksa InSight telah mendarat dengan selamat di Mars," kata kepala eksplorasi antariksa UK Space Agency, Sue Horne.

Misi InSight di Mars pun akan berlangsung selama dua tahun dengan biaya senilai $814 juta atau setara Rp11,7 miliar. Misi robot rover untuk memberi gambaran dan penjelasan terbaru tentang bagaimana Mars terbentuk dan struktur planet di dalamnya.

Pemetaan Mars mulai informasi kerak dan mantel planet pun akan dikumpulkan.