Sukses

Ingat, Ibu Harus Sehat meski Sibuk Beraktivitas

Tidak hanya anak yang harus dijaga kesehatannya, tanpa ibu yang sehat tentunya mereka juga tidak bisa apa-apa

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan ibu. Baik ibu rumah tangga maupun pekerja, ada seabrek hal yang membuat para ibu sibuk dari pagi hingga malam. 

Satu hal yang perlu diingat  ibu juga harus tetap menjaga kesehatan diri sendiri. Mengutip laman Parents ditulis Sabtu (22//12/2018), pakar dan penulis The Self-Care Solution: A Modern Mother's Must Have Guide to Health and Well-Being Julie Burton mengatakan, ada beberapa tips agar para ibu tetap sehat dan bahagia di tengah kesibukan.

1. Tetap bergerak

Pilihlah kegiatan yang memotivasi Anda untuk berolahraga secara konsisten. Misalnya kelas yoga di luar ruangan atau mengikuti Tai Chi. Selain itu, cobalah menonton video pilates untuk dilakukan di rumah. Burton merekomendasikan untuk menambahkan unsur kesenagan seperti dengan dansa atau bermain dengan anak.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 6 halaman

2. Makan sehat

Pastikan Anda juga mengonsumsi makanan dan minuman dengan baik. Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Sara Haas mengatakan, biasanya ibu secara alami cenderung menempatkan anak-anak sebagai prioritas. Namun, dia terkadang melupakan dirinya sendiri.

"Anda harus menyehatkan diri dengan makanan yang tepat. Sangat menyenangkan jika anak-anak melihat Anda melatih perawatan diri karena Anda mencontohkan kebiasaan yang sehat," kata Haas.

 

3 dari 6 halaman

3. Tetap bersosialisasi

Jangan biarkan kesibukan mengganggu waktu Anda dengan keluarga dan teman. Buatlah jadwal teratur untuk terhubung dengan orang lain secara teratur. Misalnya Jumat pertama di awal bulan atau minum kopi dengan teman-teman. Undang juga beberapa tetangga untuk makan malam paling tidak sebulan sekali, serta makan pizza bersama anak-anak.

 

4 dari 6 halaman

4. Jadwalkan perawatan kesehatan

Selain anak, Anda juga harus menjaga kesehatan diri sendiri. Burton menyarankan Anda untuk menjadwalkan pemeriksaan tahunan, pemeriksaan kulit, pap smear, suntikan flu, serta memeriksakan penglihatan. Jangan lupa juga pergi ke dokter gigi.

 

5 dari 6 halaman

5. Prioritaskan istirahat

"Kita tahu dari berbagai penelitian bahwa kurang tidur kronis menyebabkan konsekuensi kesehatan yang buruk," kata Director of UCLA Sleep Disorders Center Alon Y. Avidan.

Kurang tidur dari enam jam secara konsisten membuat meningkatkan nafsu makan, kenaikan berat badan, serta meningkatkan risiko depresi, penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

 

6 dari 6 halaman

6. Tetap terhubung dengan diri sendiri

Jangan lupa untuk tetap terhubung dengan berisi diri Anda sendiri. Melakukan hobi, menulis jurnal, merenungkan, serta berefleksi.

"Kita berkembang sepanjang hidup dan tetap terhubung dengan keinginan terdalam kita membuat hidup terpenuhi dan gembira," kata Burton.