Sukses

7 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin

Buah semangka cocok untuk ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Asupan makanan seperti buah dan sayur yang tepat penting bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, nutrisi anak telah terpenuhi sejak dalam kandungan. 

Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, bisa mengakibatkan bermacam-macam kendala seperti rasa mual dan muntah-muntah. Akibat rasa mual yang tak jarang disertai muntah-muntah, hal ini membuat wanita hamil berisiko dehidrasi.

Dehidrasi saat kehamilan tentu bisa berdampak buruk pada janin. Nah, ada satu buah yang sangat pas bagi ibu hamil dengan kondisi tersebut, yaitu semangka. Bicara soal buah semangka adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Banyak sekali manfaat buah berdaging merah dan kaya kandungan air ini untuk ibu hamil.

Buah ini sangat kaya akan air dan bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan airnya dan gula buahnya yang tingga dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari selama kehamilan.

Lalu, kandungan mineralnya dapat membantu mencegah kram otot trimester ketiga. Berikut Liputan6.com rangkum manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang harus kamu ketahui, Senin (11/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Redakan asam lambung dan meredakan morning sickness

1. Meredakan asam lambung

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah meredakan asam lambung. Selama kehamilan, wanita biasanya menderita masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung.

Buah semangka juga memiliki efek menenangkan pada perut ibu hamil. Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin.

2. Meredakan morning sickness

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang kedua adalah meredakan morning sickness. Kamu bisa minum jus semangka segar di pagi hari untuk meredakan morning sickness. Buah semangka baik untuk mendukung pembentukan tulang pada janin serta melancarkan aliran urine dalam tubuh.

Ibu hamil cenderung susah buang air kecil nah mengonsumsi semangka ada cara untuk mengatasinya

3 dari 5 halaman

Mengurangi pembengkakan aliran darah dan mencegah pigmentasi kulit.

3. Mengurangi pembengkakan aliran darah

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang ketiga adalah mengurangi pembengkakan aliran darah. Selama kehamilan, wanita sering mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan. Semangka kaya akan kandungan air dan dapat mengurangi pembengkakan. Kandungan airnya membantu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot.

4. Mencegah pigmentasi kulit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang keempat adalah mencegah pigmentasi kulit. Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan, yang disebabkan kadar hormon yang terlalu tinggi. Semangka dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan semua racun.

Buah ini dapat membantu untuk meningkatkan warna kulit dan mencegah pigmentasi kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

4 dari 5 halaman

Cegah dehidrasi, melawan sembelit dan kekebalan tubuh

5. Mencegah dehidrasi

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang kelima adalah mencegah dehidrasi. Tetap terhidrasi selama kehamilan sangat penting karena dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi awal rahim dan kelahiran prematur.

Kamu bisa makan semangka untuk memasok lebih banyak cairan ke tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi kamu.

6. Melawan sembelit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang keenam adalah melawan sembelit. Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. kamu dapat menyantap semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan membersihkan sistem kamu.

7. Kekebalan tubuh

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang ketujuh adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat pas untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.

Kandungan vitamin dan mineral pada semangka juga sangat tinggi, yaitu vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

5 dari 5 halaman

Biji-bijian yang harus dikonsumsi ibu hamil

Selain semangaka, biji-bijian menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  Hhususnya untuk ibu hamil pun wajib mengonsumsi biji-bijian selain makanan sehat lainnya diantaranya:

1. Biji chia dan biji labu

Biji chia kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak bayi pada masa kehamilan. Sedangkan mengonsumsi biji labu saat hamil merupakan cara yang efektif untuk mengurangi mual.

Selain itu kandungan alami di dalam biji labu juga dapat menenangkan mood swing Anda saat hamil.

2. Biji melon dan Poppy seeds

Tak hanya daging buahnya saja, biji melon ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Biji melon dapat kamu jadikan snack untuk meningkatkan energi selama masa kehamilan. Oleh karena setelah mengonsumsi melon, keringkan bijinya.

Sedangkkan poppy seeds harus dikosumsi dengan jumlah yang secukupnya dan  tidak terlalu banyak. Sebab poppy seeds mengandung opiat yang dapat membahayakan janin.

3. Biji bunga matahari dan biji delima

Biji bunga matahari adalah makanan atau camilan yang paling umum. Biji bunga matahari mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan janin pada trimester ketiga kehamilan.

Mengonsumsi biji delima saat hamil adalah cara yang sehat untuk menyehatkan kehamilan kamu. Sebab biji delima kaya akan zat besi yang dapat membantu kesehatan darah saat hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini