Sukses

Kisah Persahabatan 2 Nenek Berumur Panjang, Lebih dari 100 Tahun

Salah satu hal yang kerap dirasakan mereka yang dikaruniai umur panjang adalah kesepian.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang kerap dirasakan mereka yang dikarunia umur panjang adalah kesepian. Hidup terasa hampa ketika orang-orang tersayang dan para sahabat serta kerabat telah lebih dulu berpulang menghadap Sang Pencipta. Namun, beruntung dua nenek yang tinggal di panti jompo di Triboro Center, Bronx, New York, masih bisa bersama-sama menikmati usia senja mereka.

Amparo Perez, lansia yang baru saja merayakan ulang tahun ke-105 pada Jumat, 14 Mei 2019, mengatakan rahasia umur panjangnya adalah, "Tak ada rasa kesal."

"Itu adalah hal yang penting, jangan punya rasa kesal," ucapnya.

Amparo Perez telah beberapa tahun tinggal di panti jompo itu bersama sahabat yang seperti saudarinya sendiri, Evangelina Williams yang genap berusia 107 pada April lalu.

Umur panjang keduanya dirayakan pada Jumat (14/6). Melansir laman New York Post, senyum selalu menghiasi wajah Aparo Perez ketika dia masuk ke ruangan yang penuh oleh staf, penghuni panti, serta sebuah cake vanila besar. Dia pun tak kuasa menahan haru.

"Aku sangat mudah menangis," ujarnya sambil mengusap air mata.

Berbeda dari Amparo, Evangelina berpembawaan lebih tenang. Dia lebih banyak menikmati perayaan ulang tahun itu dalam diam. Tapi sepertinya tak ada satupun yang terlewat dari pandangannya yang dibalut oleh kacamata hitam ciri khasnya.

 

2 dari 3 halaman

Dari Cuba ke Florida

Nenek Amparo adalah seorang janda yang tak pernah menikah lagi. Pada awal usia 20-an, Amparo hijrah ke Florida akibat huru-hara terjadi di kotanya di Cuba. Huru-hara itu menyebabkan ayah Amparo sampai menutup bisnisnya.

Sebagai anak pertama dari delapan bersaudara, Amparo harus menanggung sebagian hidup keluarganya. Dia mengirimkan hasil keringatnya ke kampung halaman.

Amparo bekerja sebagai pengasuh anak. Dia melihat peluangnya bekerja lebih besar di New York. Maka dia pun pindah ke kota besar itu. "Terpenting bagiku adalah mempunyai pekerjaan, agar bisa mengirim uang untuk keluargaku," Amparo bercerita.

 

3 dari 3 halaman

Tak terpisahkan

Sejak menghuni panti jompo, Amparo Perez dan Evangelina Williams tak terpisahkan.

"Mereka selalu bersama. Mereka duduk untuk makan bersama. Mereka juga berbagi kamar serta berbagi setiap momen hidup mereka bersama-sama," ujar salah seorang staf panti.

Mereka juga selalu beribadah bersama. Bagi Amparo Perez, dirinya tak pernah merasa sendirian karena dia percaya Tuhan selalu bersamanya.

"Aku tak pernah sendirian karena aku percaya pada Tuhan. Menurutku sangat penting untuk punya sesuatu yang kau yakini," pungkasnya.

Video Terkini