Sukses

Cegah Penyebaran COVID-19, Pemerintah Jawa Barat Batalkan Acara yang Mengundang Massa

Pemerintah Jawa Barat memutuskan membatalkan sembilan acara yang mengundang orang banyak. Hal itu guna mencegah paparan penyakit COVID-19 akibat virus SARS-CoV-2.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Jawa Barat memutuskan membatalkan sembilan acara yang mengundang orang banyak. Hal itu guna mencegah paparan penyakit COVID-19 akibat virus SARS-CoV-2.

Berdasarkan data yang diperoleh dari bagian rumah tangga Kantor Gubernur Jawa Barat, sebanyak sembilan acara skala daerah dan nasional urung digelar sepanjang bulan Maret. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan untuk sementara, langkah awal pembatalan acara tersebut dilakukan bertahap.

“Kami juga sudah mengurangi kegiatan di Gedung Sate (Kantor Gubernur). Jadi selama dua minggu interaksi saya dengan para dinas - dinas akan lebih banyak teleconference, melalui teknologi juga. Kemudian kegiatan publik di Gedung Sate juga sudah dikurangi. Mayoritas sudah dibatalkan,” kata Emil di Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Bandung, Minggu, 15 Maret 2020.

Emil juga menyebutkan telah berkomunikasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) perihal pengurangan acara keagamaan yang mengundang banyak orang. Pada dasarnya sebut Emil, MUI menghimbau agar meniadakan dahulu acara keagamaan yang bersifat massal.

Selain itu untuk agar tubuh tak rentan terkena penyakit, Emil mengatakan MUI menyarankan agar masyarakat banyak berdoa. Alasannya dengan berdoa kondisi kejiwaan akan tenang.

“Karena tenang maka kondisi fisik tidak mudah sakit. Ternyata ada penjelasan ilmiahnya dari MUI soal banyak berdoa,” ucap Emil. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Acara yang Dibatalkan

Berikut acara yang dibatalkan oleh Pemerintah Jawa Barat di komplek Kantor Gubernur :

1. Tanggal 8 Maret 2020 Darul Hikam Run Masa lebih kurang 3000 orang. Parkir Barat.

2. Tanggal 14 Maret 2020, kunjungan Museum dan Menara Gedung Sate dari Dinas Sejarah Angkatan Darat 120 orang. 

3. Tanggal 16-18 Maret 2020 kegiatan lomba Al-Barzanji dan peringatan Isra Mi'raj, penyelenggara Yanbangsos. Tempat masjid dan pelataran. 

4. Tanggal 17-22 Maret 2020 pameran lukisan aula barat dan timur, penyelenggara Davinci Art Corner Community.

5. Tanggal 19-21 Maret 2020 LKPJ Bappeda, tempat Halaman Gesat.

6. Tanggal 21 Maret 2020 launching Jabar Resilience Culture Province, penyelenggara BPBD, Bandung Mitigasi Hub. Tempat Parkir Barat.

7. Tanggal 22 Maret 2020. Perayaan hari Down Syndrome dunia. Penyelenggara POTADS. Tempat Parkir Timur.

8. Tanggal 29 Maret 2020 Go west Java Bandung lautan api. Penyelenggara Republika, perkiraan peserta 5000 orang. Tempat kawasan Gedung Sate

9. Tanggal 31 Maret 2020, seminar nasional. Penyelengara GNP. Tipikor tempat aula barat. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.