Sukses

Berkat Bantuan Relawan, Lebih dari 7.193 Spesimen Corona Dikumpulkan

Adanya bantuan relawan, lebih dari 7.193 spesimen Corona COVID-19 berhasil dikumpulkan.

Liputan6.com, Jakarta Berkat bantuan relawan, lebih dari 7.193 spesimen Corona COVID-19 dikumpulkan. Data tersebut tercatat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 hari ini, Kamis, 2 April 2020.

"Banyak sekali relawan yang telah bekerja bersama dengan kita, salah satunya membantu tenaga kesehatan yang berada di daerah. Mereka bersedia membantu penyelidikan epidemiologi dengan melakukan kegiatan tracing, atau penelusuran kasus," ujar Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

"Dan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 7.193 spesimen Corona."

Oleh karena itu, kita tetap yang harus terus mencari kasus positif Corona COVID-19 di tengah masyarakat dengan mengumpulkan spesimen Corona. Ini karena dengan kita temukan kasus, maka bisa dilakukan isolasi.

"Kemudian kita bisa melakukan karantina agar tidak terjadi penularan Corona dari orang yang satu ke orang yang lain," lanjut Yuri.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencatatan dan Pelaporan Data

Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Husein Habsyi menyebut, tenaga relawan juga disiapkan untuk membantu contact tracing Corona di daerah-daerah.

"Saat ini, 1.214 relawan akan kita rekrut se-indonesia dan ditempatkan di seluruh Indonesia. Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setiap provinsi setempat juga dengan rumah sakit untuk pencatatan dan pelaporan data COVID-19," jelasnya lewat konferensi pers IAKMI siang tadi.

"Tenaga relawan melakukan penyelidikan epidemiologi laporan-laporan, sehingga data-data yang ada di lapangan diharapkan bisa connect masuk ke data pusat di Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.