Sukses

Mesin Deteksi COVID-19 Cobas 6800 Diresmikan, LBM Eijkman Kini Bisa Percepat Deteksi Virus

LBM Eijkman merupakan salah satu laboratorium rujukan utama di Indonesia untuk pengujian Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Pengoperasian mesin deteksi COVID-19 Cobas 6800 Fully Automated Molecular System di Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman telah diresmikan. LBM Eijkman merupakan salah satu laboratorium rujukan utama di Indonesia untuk pengujian COVID-19.  

Ini sebagai bentuk realisasi dari donasi kelompok usaha nasional Tempo Scan sebesar Rp10 miliar yang telah disampaikan pada 3 April 2020 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan langsung diserahkan kepada LBM Eijkman.

Peresmian dilakukan oleh Prof. Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, PhD Menteri Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek BRIN) Peresmian juga disaksikan Tetty Saragih, Ak. selaku Inspektur Utama BNPB, Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN), Prof. Amin Soebandrio dr., PhD., Sp.MK(K) selaku Kepala LBM Eijkman, dan Handojo S. Muljadi selaku Presiden Komisaris PT Tempo Scan Pacific Tbk.

Dengan kapasitas maksimal 1.000 test/24 jam, diharapkan pengoperasian dapat membantu meningkatkan kapasitas laboratorium dan mempercepat deteksi COVID-19 sehingga penanganan menjadi lebih optimal.

Dalam sambutannya, Handojo S. Muljadi menyampaikan apresiasinya kepada LBM Eijkman sebagai aset bangsa yang sudah bekerja keras dalam mempercepat penanganan COVID-19 ini. Mengingat, penanganan COVID-19 memerlukan partisipasi dan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 18 Juli 2020.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Donasi

Donasi kepada LBM Eijkman ini merupakan bagian dari total komitmen donasi Tempo Scan sebesar Rp.17,5 miliar yang telah rampung direalisasikan kepada tenaga medis, rumah sakit, PMI, lembaga sosial serta relawan lainnya terkait penanganan COVID-19.

Semangat tersebut dilandasi oleh core value Tempo Scan antara lain Bermanfaat dan Bertanggung Jawab yang selalu menjadi pedoman utama selama lebih dari 66 tahun Tempo Scan lahir dan berkembang di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.