Sukses

Doni Monardo: Februari 2021, Kematian Dokter Akibat COVID-19 Turun Drastis

Doni Monardo menyampaikan kematian dokter akibat COVID-19 pada Februari 2021 menurun drastis.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengungkapkan, kematian dokter dan tenaga kesehatan akibat COVID-19 turun drastis pada Februari 2021. Angka ini berbeda jauh dari Desember 2020 - Januari 2021.

Menurut Doni, turunnya kematian dokter akibat COVID-19 berkat keberhasilan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Selama PPKM mikro, kasus aktif, dan angka keterpakaian tempat tidur (Bed Occupancy Rate/BOR) turun serta kesembuhan naik.

"Kematian dokter akibat COVID-9 mencapai rekor pada Januari 2021 sebanyak 58 orang. Kemudian Februari, setelah PPKM mikro, kita lihat angka kematian mengalami penurunan sebanyak 22 dokter meninggal. Ini berkat kerja keras kita menyelenggarakan PPKM mikro sampai ke tingkat RT/RW," ungkap Doni saat Rapat Koordinasi Satgas Nasional, Minggu, 14 Maret 2021.

Data Satgas Nasional per 14 Maret 2021 juga mencatat, jumlah kematian tenaga kesehatan lain sebanyak 61 orang meninggal dunia pada Februari 2021. Berbeda pada Januari 2021, yang mencapai 167 nakes meninggal akibat COVID-19.

Kemudian ada penambahan 6 dokter meninggal dunia akibat COVID-19 pada awal Maret 2021. Penurunan kematian dokter dan tenaga kesehatan ini juga seiring dengan kasus aktif COVID-19 yang menurun.

"Setelah PPKM mikro, kasus aktif kita juga turun. Saat ini, kasus aktif berada di angka 137.912 kasus. Sebelumnya, pada Januari 2021, kasus aktifnya 175.095 dan 176.672 kasus pada Februari," lanjut Doni Monardo.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kematian Dokter Turun, Jumlah Pasien COVID-19 Berkurang

Pada Rapat Koordinasi Satgas Nasional minggu lalu, Doni Monardo mengatakan, kasus aktif yang tinggi membuat menyebabkan kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 di sejumlah provinsi di atas 70 persen.

"Seperti di Banten, BOR-nya mencapai 100 persen. Dampaknya, angka kematian dokter semakin meningkat pada Januari, Kemudian pada Februari 2021, angka kematian dokter mengalami penurunan yang sangat pesat sekali," katanya.

"Kenapa demikian? Karena jumlah (pasien COVID-19) yang dirawat di rumah sakit semakin berkurang. Dengan begitu, beban tugas dokter semakin berkurang."

Oleh karena itu, penurunan kasus aktif dan keterpakaian tempat tidur COVID-19 juga kesembuhan meningkat berdampak pada jumlah pasien yang dirawat ini perlu dijaga.

"Ini yang harus kita jaga. Seluruh tenaga kesehatan, dokter dan perawat serta unsur tenaga kesehatan lainnya. Kalau kita bisa lakukan dengan baik, maka akan menekan kematian dokter," pungkas Doni.

"Dokter juga semakin maksimal memberikan pelayanan kepada seluruh warga negara. Otomatis juga ke depan kita harapkan, angka kematian nasional semakin berkurang."

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.