Sukses

Latihan Sederhana untuk Minimalkan Kembung

cara ini dapat membantu tubuh Anda memasuki "mode istirahat dan pencernaan", yang merangsang pencernaan dan mendukung keteraturan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah tren mengurangi kembung viral di TikTok. Banyak video yang menunjukkan orang-orang berlatih pose yoga "kaki di dinding," alias viparita karani. Tapi, apa praktik ini benar?

Sarah Regan, instruktur Yoga berusaha mengatakan bahwa tips ini bukan tanpa dasar. Ia sekaligus menjelaskan bagaimana melakukan pose ini dengan benar, ditambah penjelasan di balik trik yogi ini.

Menurut Regan, mengangkat kaki ke dinding ini bagus untuk pencernaan. Mengangkat kaki merupakan praktik yang lembut, artinya pinggul Anda berada di atas jantung Anda. Pose-pose ini dianggap membantu meningkatkan sirkulasi.

 

Simak Video Berikut Ini:

2 dari 4 halaman

Membantu pencernaan

Terlebih lagi, cara ini dapat membantu tubuh Anda memasuki "mode istirahat dan pencernaan", yang merangsang pencernaan dan mendukung keteraturan.

“Pemikiran di balik ini adalah jika Anda merasa kembung atau sesak, berbaring dengan kaki di atas dinding akan menggeser tarikan gravitasi pada organ pencernaan Anda, membantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak. Dan hanya bersantai dalam postur ini akan membuat tubuh Anda cukup tenang untuk mencerna,” kata Regan dikutip Mind Body Green.

Bagaimana cara melakukannya:

1. Mulailah dengan duduk menghadap dinding, dengan bantal atau selimut terlipat di bawah Anda jika diinginkan.

2. Baringkan tubuh bagian atas ke bawah, dan rentangkan kaki ke atas dinding. 3. Tulang duduk Anda tidak perlu menyentuh dinding, jadi sesuaikan dengan yang terasa nyaman untuk Anda.

4. Kaki harus relatif aktif tetapi tidak sepenuhnya kaku.

5. Tahan selama sekitar 10 menit, bernapas dengan pelan.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Lain

Selain merangsang pencernaan dan membantu Anda menghilangkan kembung, Regan mengatakan sirkulasi yang berasal dari pose ini juga dapat membantu meredakan sakit kepala dan kecemasan. Pose yoga restoratif pada umumnya bagus untuk mengatasi stres yang tersimpan di dalam tubuh.

Dan berkat efek relaksasinya, kaki di dinding sangat baik untuk membangun sistem saraf, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan, ya, bahkan mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

“Lain kali Anda berguling-guling, coba letakkan kaki Anda di dinding setidaknya selama 10 menit dan perhatikan betapa Anda merasa lebih mengantuk,” ujar Regan.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar