Sukses

Masuk Mal Mesti Pakai Kartu Vaksinasi COVID-19, Wiku: Demi Keselamatan Bersama

Syarat masuk mal dengan menunjukkan Kartu Vaksinasi COVID-19 demi keselamatan dan kesehatan bersama.

Liputan6.com, Jakarta Syarat masuk mal dengan menunjukkan Kartu Vaksinasi COVID-19 bertujuan demi keselamatan dan kesehatan bersama. Aturan ini seiring dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan 3 di Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021.

"Pada prinsipnya, pemerintah mengambil kebijakan dengan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan masyarakat," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, ditulis Kamis (12/8/2021).

"Adapun kebijakan wajib vaksinasi (dengan menunjukkan Kartu Vaksinasi COVID-19 untuk pengunjung pusat perbelanjaan, telah mengakomodasi berbagai masukan dari banyak pihak, termasuk pakar di bidangnya tanpa menutup mata dari kondisi di lapangan," kata Wiku.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengatakan, dalam penerapan PPKM Level 4 dan 3, terdapat dua penyesuaian yang akan diujicobakan, yakni sektor perbelanjaan/mal dan industri esensial berbasis ekspor atau penunjangnya.

"Hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal, dengan protokol kesehatan ketat, dan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, terdapat pembatasan umur pengunjung," kata Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

"Anak umur di bawah 12 tahun dan warga berusia di atas 70 tahun masih tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam mal/pusat perbelanjaan."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Pembukaan Mal

Johnny G. Plate menambahkan, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal/pusat perbelanjaan secara gradual di wilayah dengan Level 4 dengan tetap memerhatikan implementasi protokol kesehatan.

"Ujicoba pembukaan pusat perbelanjaan/mal akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan," katanya.

Tak hanya mal dan pusat perbelanjaan, industri esensial berbasis ekspor pada pekan ini akan disusun SOP Protokol Kesehatan. Diharapkan, mulai 17 Agustus 2021, sektor esensial di beberapa kota dengan PPKM Level 4 dapat mempekerjakan 100 persen staf, yang dibagi minimal dalam 2 shift.

Penyesuaian di Level 4 dilakukan juga untuk tempat ibadah. Dalam perpanjangan mulai 10 Agustus 2021, kabupaten kota di wilayah Level 4 dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang.

3 dari 3 halaman

Infografis 13 Mal di Jakarta Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 per Juni 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.