Sukses

92,3 Persen Masyarakat Indonesia Percaya PPKM Turunkan Kasus COVID-19

Survei terbaru Charta Politika, 92,3 persen masyarakat Indonesia percaya PPKM dapat turunkan kasus COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Survei terbaru Charta Politika, 92,3 persen masyarakat Indonesia percaya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dapat menurunkan kasus COVID-19. Survei ini dilakukan pada 12-20 Juli 2021 menyasar 1.200 responden dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Hampir seluruh responden tersebut mengaku mengetahui tentang pemberlakuan PPKM mampu menurunkan angka kasus COVID-19. Mayoritas (52,7 persen) juga meyakini, penerapan perpanjangan PPKM di wilayahnya akan berjalan baik.

Hasil survei juga menunjukkan, 53,1 persen responden percaya dengan data yang dirilis oleh Pemerintah terkait COVID-19. Ini termasuk kabar yang positif, karena masih lebih banyak masyarakat yang percaya dengan data Pemerintah daripada yang tidak percaya.

“Pemerintah sangat terbantu dengan adanya temuan-temuan hasil survei Charta Politika ini,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Sabtu (14/8/2021).

“Lebih dari setengah responden menyatakan, kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi sudah baik."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Terdapat Pelanggaran Protokol Kesehatan

Johnny G. Plate menambahkan, Pemerintah akan terus berupaya maksimal dalam menanggulangi pandemi yang sedang terjadi.

"Jika kami menemukan kekurangan, tentu akan segera memperbaiki. Upaya peningkatan akurasi data juga tetap berlangsung dan akan terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, hasil survei Charta Politika memperlihatkan, masih terdapat 54,3 persen responden yang menyatakan sering melihat pelanggaran protokol kesehatan oleh warga di sekitar lingkungan tempat tinggalnya dalam sebulan terakhir.

Menanggapi hal tersebut, Menkominfo Plate kembali mengajak masyarakat untuk berperan aktif dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, sebagai upaya perlindungan diri dan orang-orang sekitar terhadap penyebaran virus Corona.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.