Sukses

Mengetahui Penjelasan Cantengan dari Pandangan Medis

Cantengan merupakan suatu kondisi yang dirasa nyeri, bengkak, kemerahan, bahkan bernanah dan biasanya terjadi di sekitar jaringan kuku.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya cantengan. Penyebab paling umum karena kesalahan ketika menggunting kuku. 

Dalam istilah medis, kesalahan ketika menggunting kuku karena terlalu pendek dan umum terjadi di jempol kaki dikenal dengan istilah Onychocryptosis. 

Berbeda dengan cantengan yang disebabkan karena kondisi kuku yang tumbuh ke dalam atau ke bawah kulit, hingga menyebabkan infeksi yang disebut dengan nama medis Ingrown toenail. 

Dokter Spesialis Bedah Umum, dr Jacky Junaedi dari Rumah Sakit EMC Tangerang menjelaskan bahwa cantengan merupakan suatu kondisi yang dirasa nyeri, bengkak, kemerahan, bahkan bernanah dan biasanya terjadi di sekitar jaringan kuku. 

Masalah pada kuku ini umumnya nggak langsung menyebabkan infeksi. Ada beberapa tahapan yang terjadi pada kuku cantengan, yaitu: 

  • Pertama kuku tumbuh ke dalam kulit bagian samping hingga meradang yang dikenal dengan istilah medis eritema
  • Kemudian muncul rasa sakit yang intens. Jika kondisi semakin parah dan muncul tanda infeksi bakteri paronikia, akan keluar nanah
  • Tahap selanjutnya terjadi peradangan kronis pada kulit di sekitar kuku kaki dan jaringan granuloma tumbuh di atas kuku

Oleh karena itu, jika sudah muncul gejala parah alias infeksi seperti bernanah, artinya kamu harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan dari ahlinya. 

Pilihlah rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dan dokter dengan pengalaman profesional, agar keluhanmu bisa terdiagnosis dan ditangani dengan baik. 

 

 

(*)

 

 

Video Terkini