Sukses

5 Langkah Penting Agar Rambut Anak Sehat dan Wangi Sepanjang Hari

Rambut si Kecil baunya tak sedap? Jangan khawatir, berikut ada cara merawat rambut anak supaya kondisi rambutnya tetap terjaga!

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tua tentu mengharapkan rambut anak sehat dan wangi sepanjang hari. Namun, karena anak-anak identik dengan aktif bergerak, bermain dan mengeluarkan keringat berlebih maka masalah rambut bau apek tidak bisa dihindari.

Oleh sebab itu penting sekali bagi Bunda untuk menanamkan kebiasaan merambut anak dengan benar, jangan sampai melewatkan keramas setelah rambut penuh dengan keringat.

Adanya keringat berlebihan di bagian kulit kepala bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur. Tidak hanya bau, jika dibiarkan, pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala anak bisa menyebabkan munculnya ketombe. Kombinasi antara keringat berlebih, bakteri dan jamur, bau apek, serta ketombe pada akhirnya membuat rambut anak semakin kering, rusak, dan rontok. 

Dikutip dari KlikDokter, berikut ini beberapa cara dan langkah yang bisa dilakukan Bunda untuk menjaga rambut anak senantiasa sehat, wangi dan tidak menimbulkan bau yang mengganggu.

1. Gunakan sampo khusus anak

Mencuci rambut anak dengan sampo dewasa tentu tidak disarankan. Sampo khusus anak mengandung bahan-bahan yang lebih ringan dibandingkan sampo orang dewasa. Oleh karena itu, seringkali tidak menyebabkan iritasi meskipun tanpa sengaja mengenai mata. Selain itu, sampo anak biasanya lebih diperkaya dengan wangi buah-buahan yang lebih tahan lama serta vitamin B5 yang membuat rambut anak menjadi halus.

2. Mencuci rambut dengan benar

Sudah keramas tapi rambut ternyata masih bau? Tandanya ada yang salah saat mencuci rambut. Jadi penting sekali mengajarkan cara mencuci rambut, memakai sampo dan membilas kembali rambut sampai bersih. Hal yang sering terjadi adalah anak tidak membilas rambut dengan bersih setelah memakai sampo. Hal ini tentu membuat sisa sampo bisa merusak rambut mereka.

2 dari 2 halaman

3. Keringkan dan sisir rambut dengan benar

Rambut anak lebih tipis daripada rambut orang dewasa, jadi hindari menggunakan pengering rambut atau hair dryer pada anak. Sebaiknya keringkan rambut anak dengan handuk yang lembut. Setelah itu, perhatikan cara menyisir rambutnya dengan benar. Gunakan sisir yang tidak tajam dan bergigi jarang.

4. Berikan nutrisi untuk rambut

Sama seperti orang dewasa, merawat rambut tidak hanya dari luar tapi juga dalam. Untuk menjaga kesehatan rambut anak penuhi kebutuhan vitamin seperti B dan C. Ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan seperti alpukat, lalu kacang-kacangan seperti kacang hijau dan merah. 

Selain itu, susu dan telur yang kaya protein juga baik untuk kesehatan rambut rambut. Tak lupa juga sayur-sayuran seperti bayam karena mengandung zat besi. Vitamin rambut anak lainnya juga bisa didapat secara alami dari makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, mangga, labu kuning, dan ubi jalar.

5. Hindari paparan UV secara langsung

Papasan sinar ultraviolet atau matahari secara langsung bisa membuat kulit kepala mudah berkeringat sehingga bisa menyebabkan rambut anak bau. Jika anak sedang bermain di luar rumah dan di tengah terik matahari, ajarkan mereka untuk menggunakan topi atau pelindung kepala lainnya. Begitu selesai bermain, buka segera topi agar keringat di kulit kepala cepat menguap dan tidak meninggalkan bau.

 

(*)

Video Terkini