Sukses

Budi Gunadi Sadikin Masuk Daftar Menteri Terpopuler Media Digital 2021

Budi Gunadi Sadikin raih anugerah Menteri Terpopuler di Media Digital 2021.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meraih peringkat kedua sebagai Menteri Terpopuler di  Media Digital 2021. Peringkat pertama diberikan kepada Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penghargaan tersebut dari Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2021, yang digelar secara virtual pada 17 September 2021.

Pada kesempatan yang sama, Kementerian Kesehatan berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori Terpopuler di Media Digital 2021.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Widyawati mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan AHI.

“Sekali lagi, kami sampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh AHI. Penghargaan yang diberikan kepada Kemenkes tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam mengelola informasi publik ke depannya,” ujar Widyawati melalui keterangan resmi Kemenkes, Rabu (22/9/2021).

AHI merupakan ajang kompetisi berbasis penjurian dan monitoring media untuk agenda-agenda keterbukaan informasi publik bagi semua lembaga publik di Indonesia. AHI tahun ini diikuti oleh 107 lembaga publik yang ada di Indonesia.

Secara keseluruhan, penghargaan dibagi dalam beberapa kategori, yakni kategori perguruan tinggi, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan perusahaan daerah layanan publik, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan tokoh.

Penilaian anugerah AHI dilakukan sepanjang 1 Januari-30 Juni 2021 dari 7.015 sumber media online lokal, 962 sumber media online nasional, 2.338 sumber media online internasional serta dari media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Data ini dihimpun untuk dilakukan penilaian oleh para juri pada 26 Agustus-2 September 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Media Digital Permudah Akses Informasi Seputar COVID-19

Kriteria penilaian dalam anugerah AHI terbagi menjadi 2, yaitu tokoh dan organisasi. Untuk kategori tokoh berdasarkan ekspose, komunikasi, interaksi, kepemimpinan dan kebijakan, sedangkan penilaian organisasi mencakup ekspose, komunikasi, interaksi, kinerja dan prestasi.

Capaian yang diterima Kemenkes, menurut Widyawati, tidak terlepas dari kolaborasi dan inovasi yang dilakukan oleh insan humas Kementerian Kesehatan untuk memudahkan akses bagi seluruh masyarakat mendapatkan informasi yang akurat, aktual, terpercaya terutama seputar penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Fungsi strategis media digital pun dimanfaatkan sebagai sarana untuk memproduksi berbagai konten yang diharapkan mampu menjadi media edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran serta pemahaman akan pentingnya upaya pencegahan penularan COVID-19.

Founder & CEO PR Indonesia Group Asmono Wikan mengapresiasi kepada seluruh instansi yang telah berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi bagi peningkatan pengelolaan informasi publik yang lebih baik.

“Kami mengucapkan selamat kepada Anda para pemenang dan juga menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada anda yang telah mengikuti Anugerah Humas Indonesia 2021,” katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.