Sukses

Dikenal Sebagai Sayuran Super, Inilah Sederet Khasiat Rumput Laut Bagi Tubuh

Rumput laut mengandung lebih banyak gizi dibandingkan makanan lain kebanyakan. Inilah mengapa, rumput laut sering juga disebut sebagai sayuran super.

Liputan6.com, Jakarta Siapa di sini yang suka mengonsumsi rumput laut? Bila iya, maka kamu adalah orang yang beruntung. Rumput laut merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satu negara yang terkenal dengan sajiannya rumput laut adalah Jepang. Tak mengherankan kalau banyak jenis rumput laut dikenal dengan nama khas Jepang seperti nori dan wakame.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, rumput laut adalah bagian dari kelompok alga yang tumbuh di laut, sungai, dan danau. Jenis yang biasa dimakan umumnya berasal dari laut, sedangkan jenis yang tumbuh di air tawar biasanya dinyatakan beracun.

Adapun jenis rumput laut yang umum dikonsumsi, antara lain nori yang biasa digunakan pada hidangan sushi, dan kombu sebagai bahan kaldu alami. Selain itu ada pula wakame yang biasa ditemukan dalam sajian salad dan sup,” ujar dr. Astrid.

Lebih lanjut, dr. Astrid menjelaskan bahwa rumput laut mengandung lebih banyak gizi dibandingkan makanan lain kebanyakan. Inilah mengapa, rumput laut sering juga disebut sebagai sayuran super.

Secara umum, rumput laut mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta asam folat, zink, natrium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, rumput laut juga dapat menjadi sumber yang baik untuk lemak omega-3 dan vitamin B12. Protein yang terkandung pada beberapa jenis rumput laut, seperti spirulina dan chlorella, juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apa saja sih manfaat rumput laut? Berikut daftarnya seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Mengoptimalkan kinerja kelenjar tiroid

Setiap bagian tubuh memiliki peran yang penting, salah satunya adalah kelenjar tiroid. Kelenjar ini melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak pada tubuh. Proses tersebut membutuhkan sejumlah yodium, yang bisa Anda temukan pada makanan seperti rumput laut.

Selain yodium, rumput laut juga mengandung asam amino bernama tirosin lho, senyawa yang juga bermanfaat untuk menunjang fungsi tiroid lebih optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Melindungi membran sel

Membran sel merupakan permukaan luar setiap sel yang dibatasi oleh selaput halus dan elastis.Membran sel akan penting untuk mengatur isi sel, karena semua bahan yang keluar masuk harus melalui membran ini.

Rumput laut memiliki beragam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid yang terbukti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan sudah banyak penelitian telah berfokus pada satu karotenoid tertentu yang disebut fucoxanthin yang telah terbukti melindungi membran sel lebih baik daripada vitamin A.

3. Menunjang kesehatan saluran cerna

Manfaat selanjutnya dari rumput laut adalah menunjang kesehatan saluran cerna. Hal ini dikarenakan rumput laut memiliki kandungan serat dalam jumlah tinggi. Selain itu, polisakarida pada rumput laut juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna.

4. Melawan tekanan darah tinggi

Kandungan fucoxanthin, phlorotannins, dan peptida dalam rumput laut bertanggung jawab atas mekanismenya dalam memerangi tekanan darah tinggi. Di samping itu, rumput laut juga dapat menghambat enzim pemicu hipertensi sehingga fungsinya mirip seperti obat hipertensi, yaitu captopril.

3 dari 3 halaman

5. Memperkuat tulang

Rumput laut dapat menjadi alternatif sumber kalsium bagi Anda yang tidak menyukai minum susu. Asupan kalsium tentunya tak hanya bermanfaat bagi tulang, tapi juga fungsi otot, saraf, dan produksi hormon dalam tubuh.

6. Untuk perawatan kulit dan rambut

Tak cuma baik untuk dikonsumsi sebagai makanan, banyak juga produk perawatan kulit yang memanfaatkan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Menurut, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, menggunakan produk perawatan kulit berbahan dasar rumput laut dapat menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menguncinya di lapisan epidermis. Tak hanya itu rumput laut pun baik untuk kulit berminyak. 

“Untuk Anda yang kulitnya berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, Anda mendapatkan scrub alami yang dapat menyeimbangkan kondisi kulit tanpa membuatnya berubah menjadi kering,” jelas dr. Astrid.

Selain bermanfaat untuk kulit, rumput laut juga berkhasiat untuk merawat rambut seperti dapat mengatasi permasalahan rambut rontok dan kebotakan. Sebab, kandungan yodium di dalamnya dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut bisa tumbuh lebih tebal.

Itulah sederet manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari rumput laut. Pastikan Anda tetap memperhatikan porsi makanan rumput laut agar mendapatkan manfaat sehatnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.