Sukses

Penonton PON XX Papua Harus Jaga Jarak Saat Menikmati Pertandingan

Jaga jarak saat menikmati pertandingan dalam gelar PON XX Papua.

Liputan6.com, Jayapura Perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dimulai hari ini, 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021, Subsatgas Prokes Kota Jayapura dan panitia penyelenggara meminta penonton tetap jaga jarak.

Hal tersebut sebagaimana hasil peninjauan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito saat gelaran sepakbola putra yang sudah digelar di Stadion Mandala, Jayapura pada Jumat, 1 Oktober 2021. Ganip berpesan pada pihak penyelenggara untuk melakukan pengetatan disiplin protokol kesehatan. 

 

"Cabang olahraga yang banyak menarik perhatian penonton, yakni sepakbola. Dari peninjauan Kamis (30/9/2021) terlihat banyak masyarakat yang datang untuk menonton sepakbola putra," terang Ganip di di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (1/10/2021).

"Berpotensi lebih banyak lagi (penonton yang datang), jika mengingat tim tuan rumah akan bermain."

Kapasitas yang dimiliki Stadion Mandala dapat menampung sekitar 20.000 penonton. Jika menilik dari jumlah yang diatur dalam masa pandemi, sekitar 25 persen penonton dari kapasitas stadion yang dapat diisi.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengingat Prokes di Area Venue

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Subsatgas Prokes Kota Jayapura segera mengerahkan tambahan personil relawan protokol kesehatan untuk membagikan masker. Mereka berupaya mengatur penonton agar tidak menimbulkan kerumunan.

Pihak panitia penyelenggara juga sudah memberikan jarak antar bangku penonton supaya tetap menjaga jarak saat menikmati pertandingan.

Di sela-sela jelang istirahat turun minum pun diingatkan kembali melalui pengeras suara untuk selalu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak serta menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Diharapkan konsistensi dalam penyelenggaraan setiap perlombaan di seluruh cabang olahraga dapat dijaga dan ditingkatkan," pesan Ganip Warsito, yang juga Kepala BNPB dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Hal ini semata-mata untuk mensukseskan PON XX di Papua dengan aman dan terhindar dari penyebaran virus Corona."

3 dari 4 halaman

Supporter Harus Diingatkan Jaga Jarak

Senada dengan Ganip Warsito, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy juga berpesan protokol kesehatan bagi penonton dan supporter harus tetap dipatuhi, seperti memakai masker dengan baik, dan menjaga jarak aman.

Apalagi dalam pertandingan laga fase penyisihan grup sepakbola putra PON XX Papua antara Jawa Tengah dan Jawa Timur di Stadion Mahachandra, Universitas Cendrawasih, Kota Jayapura, Papua pada Jumat (1/10/2021) berlangsung cukup meriah.

Pertandingan tersebut dihadiri oleh supporter tim Jawa Timur yang memadati tribun penonton dan bersorak sorai mendukung tim kesayangannya.

"Saya minta supaya diperhatikan betul protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak. Sebetulnya sudah diingatkan panitia, tapi saking semangatnya ya mereka banyak yang tidak disiplin menjaga jarak," ujar Muhadjir di Stadion Mahachandra, Jumat (1/10/2021).

"Tapi kan sebelum masuk mereka kan sudah diskrining, paling tidak, sudah divaksin juga."

Sebelum masuk ke stadion, pihak panitia telah melakukan skrining, seperti mengecek suhu tubuh, dan mengecek sertifikat vaksinasi.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali 2 Maskot dan Slogan PON XX Papua 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.