Sukses

Atur Pola Makan Kamu Sekarang Juga untuk Mencegah Obesitas

Ada banyak gangguan kesehatan dan penyakit yang mudah muncul jika seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak gangguan kesehatan dan penyakit yang mudah muncul jika seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat. Dari penyakit jantung, stroke, diabetes melitus, hingga kanker.

Hasil Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi obesitas pada penduduk berusia > 18 tahun meningkat dari 15,4% di Tahun 2013 menjadi 21,8%. Hal ini membuat pencegahan dan pengendalian Obesitas menjadi sangat penting.

Secara umum, penyebab utama dari obesitas adalah ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi yang diukur menggunakan unit kalori (Kal) dan kilokalori (kKal).

Untuk mencegah obesitas dapat dilakukan dengan mengatur pola makan sehari-hari. Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, berikut ini pola makan yang sehat dan ideal untuk mencegah obesitas.

1. Mengkonsumsi makanan beranekaragam, idealnya setiap kali makan terdiri dari 4 kelompok hidangan (makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah)

2. Mengutamakan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat komplek, seperti (kelompok padi-padian dan umbi-umbian, yaitu 3-8 porsi per hari tergantung kepada kebutuhan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola Makan Sehat

3. Mengkonsumsi makanan sumber protein hewani dan nabati masing-masing 2-3 porsi  perhari, seperti ikan, tahu, tempe dan lainnya.

4. Mengkonsumsi sayur 3-5 porsi perhari dan buah 2-3 porsi perhari

5. Membatasi konsumsi lemak, minyak, dan gula dan tidak minum alkohol

6. Membiasakan pola makan teratur terdiri dari 3 kali makan utama (pagi, siang, malam) dan 1-2 kali makan selingan

7. Porsi makan malam lebih sedikit dibandingkan makan pagi dan siang

Yuk, segera terapkan pola makan sehat di atas bila tidak ingin mengalami obesitas dan terkena dampak buruknya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini